Ilmuwan Temukan Bentuk Geometris Baru, Ada di Tubuh Manusia

Kompas.com - 30/07/2018, 20:36 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Para peneliti baru saja menemukan bentuk geometris baru yang belum pernah dikenali di dunia sains atau matematika. Mereka menemukannya di dalam kulit kita, tepatnya pada sel epitel.

Sel epitel adalah salah satu sel paling penting di tubuh kita. Mereka adalah pembangun jaringan struktur kulit luar dan organ tubuh sejak kita masih embrio.

Jaringan epitel ini terbuat dari banyak sekali sel kecil yang menempel satu sama lain. Para peneliti sempat menduga bahwa sel-sel ini mungkin berbentuk prisma atau frustum (seperti piramid terpotong).

Namun, permodelan komputer menunjukkan sesuatu yang mengejutkan. Rupanya, sel epitel tidak berbentuk prisma atau frustum. Malah, para peneliti belum pernah melihat bentuk ini sebelumnya.

Insinyur biologi Javier Buceta dari Universitas Lehigh, Amerika Serikat, mengatakan, dalam proses permodelan, hasil yang kami lihat sangat aneh. Model kami memprediksikan bahwa ketika kelengkungan jaringan meningkat, sel tidak hanya berubah menjadi bentuk tiang atau botol saja.