Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerdas, Lumba-lumba Ini Punya Trik Khusus Tangkap Mangsa

Kompas.com - 26/07/2018, 17:35 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Ada yang berbeda dengan cara berburu lumba-lumba di Florida. Jika biasanya mereka berkelompok dalam mencari makanan, mamalia di Florida itu justru sendirian.

Ia menggunakan ekor dan koral untuk mengaduk-aduk lumpur di sekitarnya hingga berbentuk cincin atau lingkaran yang ketat.

Fungsi cincin ketat itu adalah menakuti ikan-ikan di sekitarnya. Ketika ikan-ikan itu melompat keluar dari air, mereka akan langsung masuk ke dalam mulut sang lumba-lumba yang menunggu.

Sampai sekarang, perilaku ini telah diamati terutama dalam kelompok lumba-lumba hidung botol di sekitar Florida Keys, kata Stefanie Gazda, peneliti di University of Florida.

Gazda pertama kali mengamati dan meneliti perilaku ini pada 2005. Kini, kecerdasan lumba-lumba itu telah difilmkan oleh Michael MccCarthy.

Untuk merekamnya, McCarthy menggunakan drone khusus dengan lensa zoom agar tidak mengganggu hewan ini.

Ketika rekaman tersebut dirilis, banyak ahli yang memberikan tanggapan. Salah satunya Andrew Read, ahli biologi di Duke University.

"Saya tidak pernah melihat lumba-lumba tunggal melakukannya sebelum ini, tetapi saya tidak terkejut," ungkap Read dikutip dari National Geographic, Rabu (25/07/2018).

"Jelas efisiensi keseluruhan teknik ini lebih besar ketika banyak hewan yang terlibat," sambungnya.

Dalam video itu, lumba-lumba yang sendirian berhasil mendapatkan mangsa di atas lingkaran buatannya.

Ikan-ikan itu menghindari air berlumpur dengan cara melompat. Kemungkinan hal ini dilakukan karena mereka tidak suka memasuki daerah dengan jarak pandang rendah.

Baca juga: Lewat Suara, Lumba-lumba Jantan dapat Bedakan Kawan dan Musuh

Hal ini dimanfaatkan oleh lumba-lumba tersebut untuk menangkap ikan di udara.

Menurut Read, perilaku ini mungkin awalnya berevolusi dari lumba-lumba yang secara tidak sengaja membuat gumpalan lumpur di air.

Mereka kemudian menyadari bahwa ikan-ikan menghindari air yang keruh.

"Saya tidak akan terkejut jika perilaku itu berevolusi dari seekor lumba-lumba tunggal yang memilah manfaat dari gumpalan lumpur untuk digunakan sebagai penghalang untuk melawan ikan, dan kemudian menyadari bahwa lingkaran itu bahkan lebih baik," tegasnya.

McCarthy telah mengamati sekitar delapan hingga sepuluh lumba-lumba di wilayah St. Petersburg, Florida yang menggunakan teknik cincin lumpur ini.

Dia mengatakan, telah menyaksikan satu lumba-lumba muda mempelajari teknik ini dari induknya.

Sebenarnya, tidak banyak lumba-lumba yang berhasil menangkap ikan dengan upaya ini. Tapi McCarthy mencatat, hewan ini juga tidak menghabiskan banyak energi untuk melakukannya.

McCarthy memperkirakan, dari pengamatannya, lumba-lumba berhasil menangkap mangsa dengan cara ini sekitar sepertiga waktu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com