Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baik, Habitat Langka Manta Ray Muda Ditemukan di Teluk Meksiko

Kompas.com - 26/06/2018, 12:31 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Newsweek


KOMPAS.com - Saat sedang melintas di atas Teluk Meksiko bagian barat laut, ahli biologi kelautan Joshua Stewart melihat sesuatu yang jarang dilihat kebanyakan orang, yakni manta ray muda.

"Saya sangat terkejut karena saya tidak pernah melihat manta ray muda sebelumnya. Hanya sedikit studi lapangan yang membahas mereka," kata Stewart dari Universitas California di San Diego dalam sebuah pernyataan dilansir Newsweek, Senin (25/6/2018).

Stewart pun menyelam di lepas pantai Texas dan menemukan sebuah lokasi di perairan tropis yang kini diyakini ahli sebagai habitat manta ray. Ini adalah habitat manta pertama yang diketahui manusia.

Lingkungan itu dipenuhi manta muda, bayi baru lahir menuju remaja dari spesies manta laut raksasa, Manta birostris.

Baca juga: Mengerikan, Lima Manta Terjerat Jaring Penghalau Hiu di Australia

Menurut para ahli, temuan ini penting karena dapat membantu kita mempelajari makhluk laut raksasa ini. Mengingat, manta selama ini dikenal susah dijangkau, jauh dari daerah pesisir dan populasinya sulit diakses.

Menurut pernyataan Perlindungan Laut Nasional AS, mengamatai manta di alam liar jauh lebih menantang, terlebih selama ini belum ada yang menemukan manta muda berkumpul di habitatnya.

"Tahap kehidupan manta saat remaja seakan adalah "black box" untuk kami karena mereka sangat susah diamati," kata Stewart.

"Ditemukannya habitat manta artinya kami sangat butuh konservasi untuk menindaklanjuti lokasi pembibitan ini. Selain itu, temuan ini juga memberi kesempatan pada kami untuk mempelajari perkembangan manta," imbuhnya.

"Penemuan ini adalah kemajuan besar untuk pembelajaran kita terkait pentingnya spesies dan habitatnya sepanjang mereka hidup," katanya lagi.

Stewart pun bekerja sama dengan koleganya dari National Ocenic dan National Marine Sanctuaries dalam melaporkan temuannya yang terbit di jurnal Marine Biology edisi Juni.

Bagi para ahli, studi tentang siklus hidup manta sangat penting. Apa lagi baru-baru ini manta terdaftar sebagai spesies terancam punah.

Baca juga: Predator Besar Mulai Kembali ke Habitat Asal, Amankah untuk Kita?

"Ini adalah berita yang sangat menggembirakan. Tidak ada tempat lain di dunia yang memiliki area pembibitan manta ray yang diakui. Ini akan meningkatkan pemahaman kita tentang betapa pentingnya tempat perlindungan bagi spesies ikonik ini," kata Emma hickerson, koordinator penelitian Flower Garden Banks National Marine Sanctuary.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com