Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Buah Delima Beku, Perempuan Australia Meninggal Dunia

Kompas.com - 06/06/2018, 05:02 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

KOMPAS.com - Seorang perempuan di Australia Selatan meninggal dunia setelah terjangkiti virus hepatitis A yang kemungkinan berasal dari buah delima beku yang sebelumnya sudah ditarik dari pasaran.

Pejabat kesehatan di Adelaide ibukota Austtralia Selatan mengatakan kematian perempuan berusia 64 tahun tersebut sudah merujuk ke penyakit Koroner. Penyakit ini menandai terjadinya penyumbatan parsial darah ke arah jantung.

"Ini adalah kasus yang jarang dan tragis, dan saya mengucapkan belasungkawa dalam kepada keluarganya." kata Profesor Paddy Philips Kepala Pejabat Urusan Kesehatan Australia Selatan.

"Kebanyakan orang yang terjangkiti hepatitis A sembuh lagi, dan kematian perempuan ini merupakan satu-satunya kematian yang berhubungan dengan penarikan buah delima beku yang kami ketahui."

"Masa inkubasi hepatitis A pada umumnya adalah 15-50 hari, jadi kami tidak mengantisipasi adanya kasus lainya, karena produk ini sudah ditarik dua bulan lalu."

"Sementara kami berharap semua orang sudah membuang produk yang sudah dinyatakan ditarik ini, kami mendesak siapa saja untuk mengecek lemari es mereka dan membuang produk itu bila masih ditemukan."

Buah delima beku dengan merek The Creative Gourmet dalam kemasan 180 g yang dijual oleh supermarket Cole pertama kali ditarik bulan April setelah adanya penyebaran wabah hepatitis A di negara bagian New South Wales.

Baca juga: Mengapa Buah Delima Bisa Bantu Panjang Umur

Pada Mei lalu, pihak berwenang Australia Selatan kembali mengingatkan konsumen untuk membuang produk yang dibuat oleh Entyce Food Ingredient setelah adanya 11 kasus hepatitis.

Hingga saat ini, di seluruh Australia ada 24 kasus hepatitis A yang dilaporkan berkenaan dengan produk delima beku tersebut. Dua kasus di antaranya terjadi di Australia Selatan.

Dalam satu kasus seorang pria berusia 33 tahun sembuh cepat setelah terjangkiti virus tersebut.

Merek The Creative Gourmet dimiliki oleh perusahaan Entyce Food Ingredients, yang juga menarik produk beri campur beku setelah adanya tiga kasus hepatitis A tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com