Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Dunia, Peneliti Mencetak Kornea Mata Manusia

Kompas.com - 04/06/2018, 19:07 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Para ilmuwan untuk pertama kalinya berhasil memproduksi kornea mata manusia dengan printer 3D. Hal ini diperkirakan bisa membantu jutaan orang di seluruh dunia yang menderita kebutaan kornea.

Sebagai informasi, kerusakan pada kornea mata bisa mendistorsi penglihatan dan bahkan mengarah pada kebutaan.

Dengan teknik ini, para peneliti di Newcastle University bisa menyediakan kornea dalam jumlah tak terbatas.

Mereka menggabungkan sel induk manusia dari donor sehat dengan kolagen dan alginat, bahan kimia yang sering digunakan untuk menghasilkan anggota badan buatan.

Penelitian proof of concept (pembuktian sistem bisa dijalankan) ini menghasilkan "bio-ink" untuk bio-printer 3D.

Printer tersebut bisa mencetak model kornea menggunakan gel, membangunnya dengan menekan tinta tersbeut dalam lingkaran konsentris. Hal ini dilakukan hanya dalam waktu 10 menit.

Selanjutnya, sel induk ditambahkan dan dibiarkan tumbuh untuk menciptakan kornea yang secara teoretis bisa digunakan dalam transplantasi.

Saat ini, 10 juta orang di seluruh dunia memerlukan operasi untuk mencegah kebutaan kornea akibar dari penyakit tertentu. Sementara 5 juta orang lainnya menderita kebutaan total karena jaringan parut di kornea mata mereka.

"Banyak tim di seluruh dunia telah mengejar 'bio-ink' yang ideal untuk membuat proses ini layak dan berhasil," ungkap Che Connon, pemimpin penelitian ini dikutip dari The Independent, Jumat (01/06/2018).

Baca juga: Sangat Minim Donor Mata, Transplantasi Kornea pada Anak Terkendala

"Gel unik kami - kombinasi alginat dan kolagen - membuat sel-sel induk tetap hidup sementara (campuran ketiganya) menghasilkan bahan yang cukup kaku untuk menahan bentuknya tetapi cukup lunak untuk diperas keluar dari nosel printer 3D," imbuh profesor teknik jaringan di Newcastle University tersebut.

Connon juga menyebut penelitiannya kali ini didasari dari penelitian yang dia dan tim lakukan sebelumnya.

"Ini dibangun di atas pekerjaan sebelumnya, di mana kami menjaga sel-sel hidup selama berminggu-minggu pada suhu kamar di dalam hidrogel yang sama," ujarnya.

"Sekarang kami telah siap menggunakan 'bio-ink' yang mengandung sel induk yang memungkinkan pengguna untuk mulai mencetak jaringan tanpa harus khawatir tentang menumbuhkan sel secara terpisah," tambahnya.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Experimental Eye Research ini menunjukkan bahwa para peneliti mampu memproduksi kornea untuk mencocokkan persyaratan unik pasien.

Untuk membuktikan hal itu, mereka memindai mata seorang relawan dan menggunakan data yang sama untuk mencetak satu kornea dengan dimensi yang sama persis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com