Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kristal Waktu Bukan Fiksi, Ahli Temukan Tanda-tanda Keberadaannya

Kompas.com - 05/05/2018, 19:07 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber New Atlas

KOMPAS.com - Materi kristal waktu bukanlah fiksi belaka. Para peneliti berhasil menemukannya dalam sebuah uji coba di laboratorium.

Materi kristal pada umumnya terbentuk dari komposisi atom-atom yang memiliki susunan berulang dan membentuk anyaman di sebuah ruang.

Namun, pada tahun 2012, para peneliti di MIT mengusulkan ide tentang kristal waktu. Konsep ini merujuk pada kristal yang tercipta dari pengulangan atom-atom dalam dimensi waktu, bukan dimensi ruang seperti umumnya.

Uniknya, ritme pengulangan kristal waktu mulai berubah dari kekuatan pelepasannya, dan menciptakan sistem gerakan abadi yang menyerupai detak waktu. Inilah yang membedakan kristal waktu dari kristal biasa.

Pada tahun 2016, para peneliti di UC Berkeley berhasil menciptakan kristal waktu dalam sebuah percobaan laboratorium.

Baca Juga: Jasad Renik Berumur 50.000 Tahun Ditemukan di Gua Kristal

Fenomena tersebut menginspirasi para peneliti di Universitas Yale untuk mencari tanda-tanda kristal waktu pada materi lainnya.

Percobaan pertama para peneliti adalah kristal monoammonium phosphate (MAP) yang bisa tumbuh dengan cepat dan banyak digunakan dalam perangkat penumbuh kristal untuk anak-anak.

Tim peneliti awalnya berpendapat bahwa kristal waktu hanya akan terbentuk apabila senyawa atomnya dalam kondisi yang tidak beraturan.

Namun, setelah meneliti kristal MAP lebih jauh menggunakan resonansi magnetik nuklir, para peneliti mampu menemukan tanda-tanda pembentukan yang mereka harapkan.

"Pengukuran kristal kami langsung terlihat mencolok," kata Sean Barrett, peneliti utama penelitian.

Dia melanjutkan, penelitian kami menunjukkan, tanda kristal waktu diskrit (DTC) dapat ditemukan, secara teori, hanya dengan mengamati kristal pada perangkat milik anak-anak.

Baca Juga: Bagaimana Kristal Gunung Api Memudahkan Ilmuwan Prediksi Letusan?

Dikutip dari New Atlas, Kamis (3/5/2018), tim peneliti menyebut penemuan mereka adalah eksperimen "kristal waktu gema". Penelitian tersebut mampu menyelidiki urutan kuantum tersembunyi di dalam sebuah sistem.

Temuan mereka itu menimbulkan pertanyaan lebih banyak lagi, misalnya jika kristal waktu tercipta dalam kondisi laboratorium UC Berkeley yang sangat spesifik, bagaimana mereka bisa terjadi secara alami?

"Masih terlalu dini untuk mengatakan apa resolusi untuk kristal waktu diskrit, tetapi orang-orang akan mencoba untuk menjawabnya setidaknya untuk beberapa tahun ke depan," kata Barrett.

Penelitian ini diterbitkan dalam dua makalah, jurnal Physical Review Letters dan Physical Review B. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber New Atlas
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com