Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jérôme Hamon, Pria Pertama yang Pernah Punya 3 Wajah di Dunia

Kompas.com - 18/04/2018, 14:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com - Masih ingat pria Paris yang melakukan transplantasi wajah keduanya Januari lalu?

Seperti diberitakan Kompas.com, cangkok wajah pertama yang dilakukan pada 2010 gagal. Tubuhnya melakukan penolakan dan kondisi tubuh terus menurun.

Alhasil, dokter yang merawatnya di rumah sakit Georges Pompidou, Paris, memutuskan untuk melepaskan cangkok wajah pertama pada November 2017. Dua bulan hidup tanpa wajah, pria ini akhirnya mendapatkan donor wajah pada 15 Januari 2018.

Ia adalah Jérôme Hamon (43). Pria pertama di dunia yang pernah memiliki tiga wajah berbeda selama hidup. Tiga bulan setelah mendapat wajah baru, Hamon berkata kondisinya jauh lebih baik.

Baca juga : Kali Pertama di Dunia, Pria Ini 2 Kali Lakukan Transplantasi Wajah

Hamon adalah jawaban bahwa saat transplantasi wajah gagal dilakukan, maka pasien akan mendapat wajah baru lagi.

Dua kali melakukan tranplantasi wajah, artinya Hamon pernah memiliki tiga wajah berbeda selama ia hidup.

Humon harus melakukan transplantasi wajah karena ia menderita neurofibromatosis tipe 1, yakni kondisi genetik yang disebabkan tumor perusak wajah.

Saat pertama kali melakukan transplantasi wajah di 2010, donor organnya berusia 63 tahun. Operasi ini dilakukan oleh Dr. Laurent Lantieri, dokter sama yang kemudian melepaskan cangkokan wajahnya dan mengganti dengan yang baru.

Setelah tranplantasi pertama dilakukan, semua berjalan normal. Hingga akhirnya pada 2015, Hamon mengalami demam tinggi dan diberi antibiotik. Sayang obat ini tidak sesuai dengan pengobatan imunosupresif yang harus ia cegah untuk menolak bahan yang ditransplantasikan.

Tanda-tanda penolakan pertama kali muncul 2016. Hingga akhirnya pada November 2017 saat jaringan di wajah sudah mulai mati, Lantieri melepaskan cangkok itu.

Dilansir Business Insider, Rabu (18/4/2018), Lantieri menggambarkan kondisi Hamon saat itu seperti tokoh dalam serial "The Walking Dead".

Kepada Associated Press, Lantieri menceritakan selama beberapa bulan Hamon tidak memiliki telinga, tidak memiliki kelopak mata, kulit, hampir tidak bisa mendengar, dan tidak dapat bicara atau makan.

"Jika Anda tidak memiliki kulit, Anda memiliki infeksi. Kami sangat khawatir tentang kemungkinan penolakan baru," ujar Lantieri.

Namun, berkat donor organ baru yang sesuai, Hamon dapat menerima transplantasi kedua.

Sebelum transplantasi dilakukan, semua darah di tubuh Hamon diganti. Prosedur selama sebulan ini diperlukan agar dokter dapat menghapus antibodi yang berpotensi menyebabkan tubuh menolak wajah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com