Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membesuk Fransiska, Mendengar Misi Besar Dapat KIS dan Temui Presiden

Kompas.com - 18/04/2018, 12:09 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - "Baru ini saya bisa duduk dan tertawa," ucap Fransiska Enga (49), perempuan asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selama setahun lebih, Fransiska sulit buang air kecil dan besar. Perutnya terus mengembang sedemikian sehingga sesak dan berjalan dua langkah saja terasa sangat payah.

Selasa (17/4/2018), tim medis Rumah Sakit Fatmawati akhirnya berhasil mengeluarkan cairan seberat 5 liter dari perut Fransiska.

Feses berwarna hitam bercampur lendir sedikit demi sedikit berhasil keluar. Secercah harapan untuk sehat seperti keluar dari mata Fransiska.

"Saya senang akhirnya bisa mengobrol. Awalnya kan tidur tidak tenang, menderita sekali,” kata Fransiska ketika ditemui Kompas.com.

Fransiska dan suaminya, Nikolaus Newa (60), belakangan ramai dibicarakan lantaran misinya ke Jakarta untuk bertemu Presiden Joko Widodo, menuntut Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Setahun lebih berjuang, keduanya mendapatkan keberuntungan ketika ditemukan petugas petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Timur di kawasan Pasar Rebo.

Nikolaus dan Fransiska yang kehabisan ongkos lantas dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung.

Baca juga : Hidup Tanpa Ginjal Itu Keniscayaan, Ambri Lawu Membuktikan

Atas respon Kementerian Kesehatan, Fransiska akhirnya dirujuk ke RS Fatmawati dan kini mendapatkan KIS.

Kepala Hubungan Masyarakat RSUP Fatmawati, Atom Kadam, mengatakan, Sabtu (14/4/2018) pukul 20.00 WIB, Direktur Utama RSUP Fatmawati dikontak oleh pihak Kementerian Kesehatan.

“Kami bentuk tim kecil untuk mengurusi Fransiska dan Nikolaus. Keduanya langsung kami jemput pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB," katanya.

Surat dari Dinas Sosial Surat dari Dinas Sosial

Perjalanan Panjang Pengobatan

Kompas.com yang membesuk pada Selasa pukul 10.00 WIB baru berkesempatan berbincang dengan keduanya pada pukul 13.00 WIB.  

Sedari pagi pukul 07.00 WIB, Fransiska dan sang suami sudah harus keluar dari ruang inap di Gedung Teratai menuju ruang radiologi di gedung yang berlainan.

Fransiska harus menunggu giliran antrian masuk untuk mendapatkan pemeriksaan diagnosis radiologi.  Pukul 11.00 WIB, tiba saatnya Fransiska dironsen.

Pemeriksaan tersebut rampung sekitar pukul 12.45 WIB dan pasangan itu pun menceritakan perjuangannya mendapatkan pengobatan.

Nikolaus Newa menunggui sang istri di RSUP Fatmawati. Nikolaus Newa menunggui sang istri di RSUP Fatmawati.

Tahun lalu, berbekal beberapa potong baju yang dimasukkan ke dalam tas jinjing berwarna merah, Nikolaus nekat memboyong sang istri dari ke Jakarta.

Jarak Jakarta dan NTT memang dekat jika ditempuh dengan menumpang pesawat, tapi sangat melelahkan bagi pasangan suami istri itu sebab ditemuh dengan jalur darat dan laut.

Baca juga : Sintas dari Kanker Kolorektal, Kisah Umbu Hidup dengan Kantung Stoma

“Istri saya dari tanggal 13 Desember 2017 perutnya membesar, susah buang air besar, dan buang air kecil. Semua pengobatan tradisional ataupun medis tidak mempan,” ujar Nikolaus.

“Kalau mau minum air rasanya tersangkut di tenggorokan. Saya bahkan sanggup enggak makan satu sampai dua hari gara-gara perut rasanya kenyang dan penuh,” imbuh Fransiska.

Kondisi itu membuat aktivitas keseharian perempuan asal Olalape, 3 Lape, Aesesa, Kabupaten Nagekeo, ini terhenti.

Aktivitas berjualan sayur di pasar terpaksa tidak lagi ia lakukan karena tubuhnya semakin kurus dan untuk berjalan saja napasnya berat dan tersengal.

Nikolaus awalnya membawa sang istri ke Rumah Sakit Umum Daerah Nagekeo yang berjarak lima kilometer dari rumahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com