Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Temukan Metode Baru Obati Gigi Berlubang Tanpa Penambalan

Kompas.com - 16/04/2018, 17:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis


KOMPAS.com — Gigi berlubang merupakan salah satu masalah yang sangat menyakitkan dan sangat mengganggu.

Saat gigi kita berlubang, pecah, atau retak, sebenarnya terjadi pengikisan enamel gigi dari waktu ke waktu.

Untuk menangani masalah ini, pakar kesehatan gigi umumnya menyarankan untuk menambal atau mencabut gigi yang rusak supaya kuman dan bakteri tidak masuk ke pembuluh darah dan menyebar ke seluruh jaringan tubuh.

Terkait pengobatan gigi berlubang, ilmuwan AS telah menemukan metode yang bisa mendorong enamel gigi tumbuh kembali, yakni lewat peptida.

Baca juga: Berukuran Mini, Sensor Gigi Ini adalah Agenda Makanan Anda

Dalam temuan yang terbit di jurnal ACS Biomaterials Science & Engineering, Senin (9/4/2018), peneliti menerangkan enamel gigi diproduksi oleh sel ameloblast. Sel ini memproduksi protein amelogenin yang berperan penting melakukan pembentukan enamel saat gigi masih ada di dalam gusi.

Namun, saat proses pembentukan enamel selesai dan gigi tumbuh, sel ameloblas mati.

"Bakteri memetabolisme gula dan fermentasi karbohidrat menjadi asam dan mengakibatkan proses demineralisasi (berhentinya proses mineralisasi) enamel gigi yang membuat gigi rusak," ujar ilmuwan kedokteran gigi Sami Dogan dilansir Science Alert, Senin (16/4/2018).

Para pakar kesehatan gigi menjelaskan, gigi sebenarnya dapat dikristalkan ulang dengan bantuan air liur, pasta gigi fluoride, dan meminum air aditif.

Namun, saat ada rongga atau kerusakan di gigi, dokter akan menambalnya.

Dari sini, ilmuwan berpikir untuk membuat sesuatu yang dikembangkan berdasarkan protein amelogenin.

Mereka akhirnya mendesain peptida berdasarkan protein amelogenin sebagai bahan aktif.

Ikatan peptida merupakan penghubung rantai pendek asam amino, yang termasuk protein tak lengkap, karena hanya memiliki sedikit kandungan asam amino.

Uji coba dilakukan di dalam laboratorium dengan menggunakan sampel gigi rusak. Saat peptida dipakaikan pada sampel gigi, tim menemukan lapisan mineral baru muncul pada area gigi yang rusak.

"Remineralisasi (pembentukan kembali mineral gigi, red) yang dipandu peptida adalah metode perawatan baru yang sehat," kata Mehmet Sarikaya.

Baca juga : Mitos atau Fakta: Punya Banyak Anak Bikin Banyak Gigi Hilang

Meski berhasil menumbuhkan enamel pada sampel gigi rusak di laboratorium, uji coba untuk menggunakan desain peptida pada gigi manusia yang masih hidup belum dilakukan.

Hingga saat itu tiba, peneliti yakin metode ini dapat dipasarkan dalam bentuk pasta atau gel untuk dapat melindungi gigi lubang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com