Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Menjalin Persahabatan, Menurut Sains

Kompas.com - 08/04/2018, 18:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kehormatan bagi insan manusia adalah bisa menjadi sahabat untuk orang lain.

Namun, kriteria sahabat susah didefinisikan. Penelitian sebelumnya menemukan otak manusia mampu menjalin hubungan dengan 150 orang di waktu bersamaan.

Berangkat dari situ, peneliti asal Universitas Kansas mencoba mencari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjalin pertemanan dan berapa lama waktu untuk membuat hubungan pertemanan menjadi persahabatan.

Dalam laporan yang terbit di Journal of Social and Personal, Kamis (15/3/2018), peneliti menemukan jawabannya lewat sebauh alat yang dapat menilai hubungan pertemanan.

Baca juga : Surat Pribadi Einstein Kembali Dilelang, Isinya Cerita Tentang Sahabat

Temuan yang dilakukan oleh profesor ilmu komunikasi Jeffrey Hall dan timnya, menggunakan dua metode penelitian.

Pada metode pertama, Hall melakukan survei terhadap 355 orang yang baru saja menetap di tempat baru selama enam bulan.

Mereka diminta untuk mengenang kembali bagaimana perkenalan awal dengan seseorang dan bagaimana hubungannya kini. Responden diminta memilih satu dari empat kategori untuk menilai bagaimana hubungan mereka. Apakah hanya sebatas kenalan, teman biasa, teman, atau teman dekat.

Cara ini digunakan peneliti untuk memperkirakan berapa lama waktu yang diperlukan seseorang untuk membuat status orang lain berubah dari teman menjadi teman dekat atau sahabat.

Selanjutnya, para peneliti meminta 112 mahasiswa baru untuk mengenang dua orang yang mereka kenal di minggu pertama perkuliahan. Peneliti kemudian menindaklanjuti setelah empat sampai tujuh minggu kemudian untuk melihat perkembangannya.

Dari kedua penelitian di atas, peneliti menemukan bahwa diperlukan 40 sampai 60 jam untuk menjadi teman biasa, 80 hingga 100 jam untuk berubah menjadi teman, dan sekitar 200 jam untuk menjadi teman baik atau sahabat.

Baca juga : Pemilik Anjing Harus Tahu, Bangkai Ayam Bikin Sahabat Anda Lumpuh

"Anda tidak bisa menjentikkan jari untuk menjalin pertemanan. Mempertahankan hubungan persahabatan adalah pekerjaan terpenting dalam hidup kita," ujar Hall dalam sebuah pernyataan dilansir Business Insider, Sabtu (7/4/2018).

Menurut Hall, kaum muda sangat mudah untuk menjalin pertemanan.

"Untuk menjalin hubungan yang lebih akrab, seseorang akan menggandakan tiga kali lipat waktu bersama orang lain. Kurang lebih selalu bersama selama tiga minggu untuk mencapai level persahabatan," imbuh Hall.

Hall mengingatkan, Anda tidak bisa memaksa seseorang untuk berteman dengan Anda. Namun jika Anda ingin berteman baik dengan orang lain, cara terbaik yang dapat dilakukan adalah menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com