Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibuang, Tandan Pisang Bikin Es Krim Lembut dan Lama Mencair

Kompas.com - 29/03/2018, 07:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber New Atlas

KOMPAS.com – Tandan pisang seringkali disia-siakan setelah diambil buahnya. Namun, mungkin kini saatnya Anda mengubah kebiasaan itu dan menyimpan tanda pisang untuk membuat es krim.

Pasalnya menurut para peneliti dari Universidad Pontificia Bolivariana di Kolombia, tandan pisang bermanfaat untuk menjaga es krim agar tidak mudah meleleh.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Robin Zuluaga Gallego menemukan hal ini dalam riset kolaborasi bersama peneliti dari University of Guelph di Kanada.

Mereka menghaluskan beberapa tandan pisang untuk diambil selulosa nanofiber-nya (CNF), sekumpulan fiber yang ribuan kali lebih tipis daripada rambut manusia.

Baca juga : Ilmuwan Jepang Ciptakan Es Krim yang Tidak Bisa Meleleh

CNF yang tidak berasa ini kemudian ditambahkan ke dalam campuran es krim pada konsentrasi antara 0 hingga 0,3 gram per 100 gram es krim untuk diamati efeknya.

Rupanya, CNF membuat sensitivitas es krim terhadap perubahan temperatur berkurang sehingga lebih lambat meleleh dibanding es krim biasa.

Selain itu, CNF juga ditemukan mampu menstabilkan struktur lemak pada es krim rendah lemak sehingga kekentalannya lebih tinggi. Ini membuat tekstur dan tingkat kelembutan es krim rendah lemak hampir sama dengan es krim biasa, walaupun kalorinya lebih rendah.

Dalam National Meeting & Exposition of the American Chemical Society ke-255, para peneliti yang mempresentasikan hasil riset mereka mengusulkan untuk menggunakan CNF sebagai pengganti lemak dalam es krim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber New Atlas
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com