Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Buktikan Manfaat Tai Chi bagi Penderita Fibromyalgia

Kompas.com - 24/03/2018, 12:07 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber Time

KOMPAS.com - Seni bela diri Tai Chi sudah lama diyakini bermanfaat untuk kesehatan manusia. Baru-baru ini, para peneliti melalui studi yang dipublikasikan di jurnal BMJ menyarankan bagi penderita fibromyalgia untuk berlatih seni bela diri tersebut.

Menurut para peneliti gerakan Tai Chi yang meditatif dan berfokus pada pengaturan nafas, serta keseimbangan gerakan tubuh, bermanfaat bagi penderita penderita fibromyalgia.

Perlu diketahui, fibromyalgia adalah penyakit nyeri kronis pada tulang dan otot yang parah.

Dr Chenchen Wang, direktur Center for Complementary and Integrative Medicine di Pusat Kesehatan Tufts, melakuan penelitian terhadap 226 orang yang menderita fibromyalgia selama setahun.

Baca Juga: Peneliti China Ciptakan Alat Detektor Gas Sehebat Penciuman Anjing

Secara acak, Wang meminta peserta untuk melakukan senam aerobik yang direkomendasikan atau berlatih Tai Chi pada 12 hingga 24 minggu pertama.

Para peneliti kemudian mencatat gejala fisik dan efek psikologis, seperti intensitas rasa sakit yang dirasakan, kelelahan pada pagi hari, tingkat depresi, pengaruh pada pekerjaan mereka dan seberapa baik mereka tidur, yang dialami peserta pada minggu ke 12, 24 dan 52.

Hasilnya, penderita fibromyalgia yang berlatih Tai Chi merasakan lebih sedikit rasa nyeri daripada yang melakukan senam aerobik. Lalu apabila sudah lama berlatih Tai Chi, rasa nyeri akan semakin berkurang.

Selama penelitian, para peserta studi juga ditemukan mulai mengurangi obat anti nyeri yang selama ini mereka minum. Namun apakah hal tersebut disebabkan oleh senam Tai Chi, para peneliti tidak menjelaskannya ke dalam laporan mereka. 

Baca Juga: Peneliti China Kembangkan Tes Urine untuk Ukur Usia Biologis

"Kami menemukan bahwa Tai Chi lebih menyenangkan dan ada interaksi sosial. Mereka dapat berlatih di rumah sendiri dengan keluarga dan teman-teman mereka," kata Wang, dikutip dari Time, Kamis (22/3/2018).

Walaupun Wang sendiri tidak menjelaskan bagaimana Tai Chi bekerja mengurangi rasa nyeri, para dokter mempercayai bahwa aktivitas tubuh dapat melancarkan aliran darah ke otak dan meredakan gejala sakit akibat sendi dan otot yang pasif.

Melihat hasil ini, Wang pun menyarankan para dokter untuk merekomendasikan Tai Chi sebagai alternatif pengobatan pasien fibromyaglia.

Jika hasil penelitian ini sudah terkonfirmasi, Tai Chi mungkin akan bisa meningkatkan kualitas hidup pasien fibromyaglia.

Gerakan senam Tai Chi dapat Anda lihat dalam video di bawah ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com