Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Sampah Menumpuk di Bulan, Apa Saja Kira-kira?

Kompas.com - 03/03/2018, 21:08 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Ternyata, tidak hanya Bumi saja yang memiliki sampah. Di Bulan juga ditemukan tumpukan sampah.

Konon, berdasarkan data Wikipedia, sampah di Bulan jika ditotal keseluruhan bisa mencapai 400.000 pon atau setara dengan 181.000 kilogram perhitungan di Bumi.

Jumlah ini memang masih menjadi polemik di kalangan ilmuwan, tetapi William Barry, Kepala Sejarawan Badan Antariksa AS (NASA), menilainya cukup masuk akal bila melihat sampah-sampah yang ditinggalkan NASA.

Barry berkata bahwa misi luar angkasa baik yang berawak, seperti program Apollo maupun yang tidak berawak seperti yang dilakukan AS, Rusia, Jepang, India, dan Eropa, menyisakan sampah di Bulan.

Baca juga: Belum Tinggal di Bulan, Manusia Sudah Tinggalkan 187.400 Kg Sampah

Hal itu diketahui dari temuan sampah bulan seperti bendera, palu, bulu Falcon, potongan emas zaitun, dan kepingan bagian dari kendaraan penjelajah bulan. Ini merupakan peninggalan uji coba peluncuran pesawat angkasa pada tahun 1971.

Selain itu, ada juga satelit  Lunar Crater Observation and Sensing Satellite (LCROSS) yang masih tertinggal di bulan.

Benda-benda ini memang sengaja ditinggalkan di Bulan. Sebab, untuk membawanya kembali ke bumi membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Selain itu, benda-benda tersebut sudah tidak terpakai lagi setelah misi berhasil.

Namun, rupanya sampah yang ada di Bulan menjadi penting. Sampah-sampah tersebut membuktikan bahwa permukaan Bulan bisa disinggahi, tidak seperti anggapan para ilmuwan sebelumnya yang mengira bahwa permukaan bulan berupa pasir  isap karena terlalu sering diratakan oleh batuan antariksa.

Baca juga: Tahun Depan, Bulan Akan Punya Jaringan 4G Sendiri

Barry juga meminta agar sampah di Bulan tidak hanya dianggap sebagai benda terbuang dan tak terpakai. Sampah itu kelak akan menjadi jejak arkeologi yang penting. Harapannya, para ilmuwan di masa mendatang berkesempatan melongok bukti keberadaan misi antariksa di Bulan.

Jejak misi antariksa yang masih teronggok di bulan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan penelitian selanjutnya.

Reflektor laser kepunyaan kru Apollo 11, misalnya. Benda yang masih bersandar di bulan ini masih bisa dipakai untuk mengukur jarak Bumi dan Bulan. Caranya dengan menyorotkan laser ke reflektor. Dari situ, diketahui bahwa setiap tahunnya, jarak Bumi dan Bulan bertambah 3,8 sentimeter atau bulan bergerak menjauhi Bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com