Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Hachiko India Ini Setia Menunggu di Stasiun Mumbai?

Kompas.com - 28/02/2018, 21:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Ada pemandangan yang tidak biasa di Stasiun Kereta Api Kanjurmarg, Mumbai, India. Sejak tanggal 2 Januari 2018, ada seekor anjing betina yang selalu datang ketika kereta menuju Kalyan tiba di stasiun pada pukul 23.00.

Anjing ini selalu menuju ke gerbong wanita dan memperhatikan setiap pintu dan jendela, seakan-akan sedang mencari seseorang.

Kisah anjing ini menjadi viral setelah Sameer Thorat, seorang ahli IT yang selalu pulang kerja tengah malam, merekam dan menggungahnya ke media sosial. Dia ingin mencari tahu alasan anjing tersebut selalu kembali kereta yang sama.

Para netizen yang menonton video tersebut kemudian membantu menyelidiki dan menemukan bahwa anjing tersebut punya empat anak berusia 10 hingga 12 hari.

Baca juga : Kisah Sedih di Balik Ibu Beruang Kutub yang Nekat Bangunkan Walrus

Thorat menduga inilah alasan anjing tersebut dibuang. Dia pun telah berkoordinasi dengan organisasi penyayang hewan dan warga untuk menjaga dan memberi makan induk anjing dan anak-anaknya.

“Kami tidak bisa memindahkannya dari tempat itu karena anak-anaknya masih terlalu kecil. Mata mereka bahkan belum terbuka,” ujar Thorat kepada National Geographic , Selasa (27/2/2018).

Setelah melihat video tersebut, pakar perilaku anjing dari University of Pennsylvania Karen Overall berkata bahwa induk anjing jelas sedang mencari seseorang.

Dari gerak-geriknya, Overall berkata bahwa anjing merasa tertekan dan kemungkinan, pemiliknya telah pindah atau meninggal. Anjing ini juga akan selalu menunggu pemilknya dan mengharapkan kasih sayang yang hanya bisa didapatkannya dari orang tersebut.

Profesor psikologi dan penulis buku mengenai perilaku anjing dari University of British Columbia Stanley Coren sependapat dengan Overall.

Dia berkata bahwa jika melihat dari tingkat kesetiaan dan kegigihan anjing ini, ia kemungkinan besar sedang mencari seorang pemilik atau teman lama yang sudah tidak ada di dunia.

Baca juga : Kisah Romeo, Katak Langka yang Mencari Juliet di Jagat Maya

“Anjing tidak kenal konsep kematian, tetapi mereka tahu konsep kesetiaan. Pikiran anjing hampir sama dengan pikiran anak berusia 2 sampai 3 tahun,” ujarnya.

Sebetulnya, ini bukan pertama kali seekor anjing menunjukkan kesetiaan luar biasa terhadap pemiliknya yang sudah tidak ada di dunia.

Salah satu kisah yang paling terkenal adalah Hachiko, anjing jenis Akita yang selalu menjemput pemiliknya di Stasiun Kereta Shibuya, Tokyo. Setelah pemiliknya meninggal pun, Hachiko meneruskan ritual ini selama 10 tahun.

Selain itu, ada juga Shep si anjing penggembala. Ketika pemiliknya meninggal pada 1936, Shep ikut mengantar jenazahnya hingga ke stasiun kereta Fort Benton. Dia kemudian selalu kembali ke stasiun tersebut dan berjaga selama 5,5 tahun.

Thorat maupun para pakar tidak mengetahui cerita lengkap di balik anjing yang menunggu di stasiun Mumbai. Hingga saat ini, mereka belum menemukan pemiliknya.

Coren berkata bahwa untuk mengetahui alasannya selalu menunggu di sana, kita perlu mengetahui sejarah dan hubungan anjing dengan sang pemilik. Namun, anjing tersebut tidak memiliki kalung sehingga hal ini tampaknya akan selalu menjadi misteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com