Penelitian Terbaru Ungkap Konsumsi "Wine" Baik untuk Kesehatan Mulut

Kompas.com - 26/02/2018, 20:15 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Memiliki gigi dan mulut yang sehat adalah dambaan semua orang. Banyak orang dengan ketat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Mulai dari menjaga kebersihan gigi hingga mengonsumsi makanan yang dianggap bisa menjaga kesehatan gigi.

Dalam sebuah penelitian terbaru, para peneliti menemukan bahwa konsumsi wine atau anggur merah dapat membantu mencegah penyakit gusi.

Senyawa alami dalam buah anggur merah dipercaya baik untuk kesehatan manusia, termasuk gigi dan mulut. Senyawa tersebut adalah polifenol.

Baca juga: Mungkinkah Konsumsi Alkohol Jadi Salah Satu Rahasia Umur Panjang?

Banyak penelitian telah menganalisis dampak polifenol untuk kesehatan tubuh. Hasilnya, polifenol terbukti menjadi sumber antioksidan yang baik.

Dilansir dari Newsweek, Jumat (23/02/2018), beberapa penelitian menemukan bahwa polifenol baik untuk kesehatan jantung dan usus. Sedangkan penelitian terbaru juga melihat hubungan polifenol dan kesehatan mulut.

Dalam penelitian terbaru tersebut, para peneliti dari Spanyol membandingkan reaksi dari 2 jenis polifenol yang ditemukan dalam wine dan ekstrak biji anggur yang bereaksi terhadap bakteri yang ditemukan di mulut.

Sebelumnya, para peneliti memeriksa bakteri mulut yang bertanggung jawab untuk kerusakan gigi dengan menempel di gigi dan gusi.

Mereka menemukan, polifenol wine ternyata lebih baik dalam menghalangi bakteri menempel ke sel yang mirip dengan dalam mulut manusia dibandingkan dengan ekstrak biji anggur. Ekstrak yang digunakan dalam penelitian ini adalah provinols dan vitaflavan.

Sayangnya, penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry ini baru bersifat pendahuluan. Tapi, pera penulis menegaskan, temuan ini memberi bukti kuat untuk penelitian lanjutan tentang bagaimana wine mencegah penyakit mulut.