Tukang Kunci Jadi Orang Pertama yang Rekam Lahirnya Supernova

Michael Hangga Wismabrata,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber Ibtimes

KOMPAS.com -- Seorang tukang kunci tanpa sengaja merekam fenomena unik di dunia astronomi dari teleskop yang dipasang di loteng rumahnya.

Pria asal Argentina bernama Victor Buso ini menjadi orang pertama di dunia yang merekam ledakan dahsyat atau supernova dari sebuah bintang yang memasuki akhir hayatnya.

Buso merekam fenomena langka itu pada tanggal 20 September 2016 saat dirinya menjajal sebuah kamera baru dengan resolusi tinggi di observatorium lantai atas rumahnya.

Awalnya Buso tidak puas dengan hasil rekaman kameranya. Dia lalu mencoba mengalihkan fokus kamera ke titik galaksi NGC 613 yang berjarak sekitar 80 juta tahun cahaya dari bumi di dalam konstelasi Sculptor.

Baca Juga: Supernova Menguak Adanya Bintang yang Hidup Lagi Setelah Mati

Secara tidak sengaja, Buso merekam setitik cahaya yang tampak semakin terang di ujung lengan spiral galaksi selama 20 detik.

Buso melihat ada keanehan dalam rekamannya itu, lalu dirinya membandingkan hasil rekaman astronom lainnya di internet.

Pada malam berikutnya, Buso kembali ke loteng rumahnya dan meneropong ke angkasa. Tak disangka, dirinya menemukan supernova yang indah dan bersinar terang, yang saat ini diberi nama SN 2016gkg.

"Kami benar-benar berpikir ini adalah kali pertama seorang pengamat merekam kemunculan supernova secara harfiah di depan kamera," kata Bersten kepada Newsweek.

"Beberapa supernova telah ditemukan berjam-jam setelah ledakan. Tapi, Victor Buso menangkap tepat pada saat supernova dilahirkan," tambahnya, dikutip dari Ibtimes, Kamis (22/2/2018).