Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2018, 11:26 WIB
Shela Kusumaningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Apakah Anda merasa tangan Anda selalu dingin?  Tenang, Anda tidak sendiri.

Tangan manusia biasanya memang selalu hangat berkat sistem peredaran darah. Darah hangat dialirkan dari hati ke jari-jari tangan. Lebih banyak darah yang mengalir, maka tangan akan makin hangat.

Namun hal ini akan lain saat keadaan sekitar dingin atau Anda mengalami kepanikan.Tubuh otomatis melakukan teknik thermoregulasi.

Seperti yang disampaikan Natalie Evans, MD di Klinik Cleveland, adaptasi itu bertujuan untuk menyempitkan pembuluh darah. Tujuannya, agar lebih banyak darah mengalir dan melindungi organ vital. Dampaknya, jari-jari tangan kehilangan kehangatan.

Baca juga : Mengapa Burung Ini adalah Mimpi Buruk Semua Ibu?

Namun, seperti kata Albert Ahn kepada Huffington Post, 10 Januari 2018, Internis di NYU Langone Medical Centre menyebut, sebagian orang hanya lebih sensitif terhadap perubahan lingkungan. Akibatnya, tangan lebih sering dingin.

Kondisi patut dicurigai jika tangan dingin saat lingkungan tidak dingin. Bisa jadi, ada sinyal mengenai kondisi tubuh misalnya terserang penyakit Reynaund.

Penyakit ini membuat pembuluh dara berkontraksi acak, yang disebut vasospasme. Kontraksi ini menyebabkan daerah yang terkena menjadi putih dan dingin. Penyakin ini umumnya tidak serius.

Anda pun perlu mengetahui jika tangan dingin di saat tingin bisa juga dikarenakan kelainan lupus atau tiroid.

Segera konsultasikan ke dokter jika mendapati perubahan warna atau tekstur kulit yang diirngi rasa dingin. Lalu, jika terlalu berada di kondisi yang terlalu dingin, sebaiknya lekas meninggalkan tempat tersebut. Anda juga dapat berjaga-jaga dengan memakai sarung tangan.

Baca juga : Mengapa Kita Sangat Bahagia saat Pulang Kampung? Sains Jelaskan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com