AI Pecahkan Manuskrip yang Bingungkan Ilmuwan Selama Berabad-abad

Kompas.com - 31/01/2018, 16:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Semenjak ditemukan pada abad ke-19, manuskrip Voynich telah membingungkan para sejarawan dan kriptografer, termasuk para pemecah kode pada masa Perang Dunia I dan II, yang ingin mengetahui artinya.

Manuskrip dari abad ke-15 ini ditulis tangan menggunakan huruf yang tidak kita kenal dan diilustrasikan dengan gambar-gambar tanaman yang tidak dapat diidentifikasi, observasi astronomi, dan figur manusia telanjang.

Anda bersama beberapa ilmuwan mungkin berpikir bahwa manuskrip misterius ini hanyalah hoax, tetapi penelitian menggunakan teknik modern menunjukkan bahwa isi manuskrip Voynich memiliki arti yang sebetulnya dapat diterjemahkan.

Kini, kita telah berhasil membuat sebuah langkah baru dalam pemahaman manuskrip Voynich. Sebuah kecerdasan buatan (AI) dari sekelompok ilmuwan komputer di University of Alberta telah berhasil menentukan bahasa dari huruf-huruf yang digunakan dalam manuskrip tersebut.

Baca juga : Manuskrip Bapak Kedokteran Barat Ditemukan di Biara Terpencil Mesir

Setelah mempelajari naskah Pernyataan Umum tentang Hak-Hak Asasi Manusia dalam 380 bahasa, AI tersebut berhasil menentukan bahwa bahasa yang digunakan oleh manuskrip Voynich kemungkinan besar adalah Ibrani.

Profesor Greg Kondrak yang memimpin penelitian mengatakan, hal ini sangat mengejutkan. Untuk bisa menentukan bahwa ini adalah Ibrani adalah langkah pertama, langkah berikutnya adalah menerjemahkannya.

Kondrak dan muridnya Bradley Hauer pun kembali membuat AI untuk menerjamahkan isi manuskrip Voynich yang menurut mereka dan ilmuwan-ilmuwan sebelumnya, ditulis secara alphagram atau acak secara alfabet.

“Ternyata 80 persen dari kata-kata ini ada di kamus Ibrani, tetapi kita tidak tahu apakah masuk akal bila dibaca secara keseluruhan,” ujarnya.