Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang Melanda 4 Wilayah Indonesia, Ada Apa?

Kompas.com - 27/01/2018, 19:31 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa hari yang lalu angin kencang berhembus di sejumlah tempat. Fenomena alam ini dapat dirasakan di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Hembusan angin kencang pun tak mengenal waktu. Ada yang siang hari dan malam hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, kecepatan angin yang cukup tinggi dipicu oleh besarnya selisih tekanan udara antara dataran Asia dan Australia.

Udara akan bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.

Kepala Hubungan Masyarakat BMKG, Hary Tirto Djatmiko, berkata bahwa tekanan udara permukaan laut yang terjadi di dataran tinggi Siberia sekitar 1030-1034 hektopascal, sedangkan tekanan udara di Australia mencapai 998 hektopascal.

Baca juga : Ada di Pulau Buatan, Inilah Potret Pabrik Tenaga Angin Belanda 

Perbedaan 36 hektopascal tersebut cukup signifikan untuk memicu pergerakan massa udara Asia ke wilayah Indonesia.

Hal itu juga diperkuat dengan posisi tekanan terendah wilayah Australia yang berada di selatan NTT, tanpa disertai kemunculan daerah siklonik di selatan Banten.

Akibatnya, pergerakan angin dari Laut China Selatan menuju Bangka Belitung semakin kuat dan berbelok ke arah barat akibat rotasi bumi.

Selain itu, posisi gerak semu tahunan matahari juga turut berpengaruh. Saat ini gerak semu tahunan matahari berada di selatan ekuator.

"Bumi bagian selatan ekuator menjadi lebih panas dan tekanannya relatif lebih rendah dibandingkan bagian utara ekuator," kata Hary melalui keterangan tertulis, Jumat (26/1/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com