Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Helm Tuhan" Bikin Pemakainya Alami Kejadian Spiritual, Apa Sebab?

Kompas.com - 24/01/2018, 12:19 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis


KOMPAS.com – Siapa sangka, helm skateboard yang dilengkapi dengan kabel tidak aktif atau perangkat stimulasi otak plasebo dapat membawa orang untuk memasuki dunia mistik. Kondisi itu diungkapkan beberapa partisipan setelah menjalani serangkaian tes sederhana.

Serangkaian tes tersebut dilakukan oleh para peneliti asal Belanda dan hasilnya sudah diterbitkan dalam jurnal Religion, Brain and BehaviorJumat (22/12/2017).

Penelitian yang dipimpin oleh David Maij dari Universitas Amsterdam ini awalnya ingin mempelajari peran alkohol dalam ritual keagamaan. Untuk menemukan jawabannya, mereka menggunakan helm yang disebut "Helm Tuhan".

Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian yang dilakukan tahun 2000. Saat itu, Helm Tuhan dirancang untuk mempelajari efek stimulasi otak transkranial elektromagnetik yang lemah pada pengalaman paranormal.

Saat partisipan mengenakan Helm Tuhan, maka pengalaman luar biasa akan dialami, seperti merasakan adanya kehadiran mistis atau pengalaman keluar dari dalam tubuh.

Baca juga : Hidung Dingin, Sinyal Tubuh ketika Otak Bekerja Terlalu Keras

Para peneliti pun berniat memeriksa pemicu yang membuat orang bisa mengalami pengalaman luar biasa dan mencari tahu apakah alkohol sama khasiatnya seperti Helm Tuhan.

"Bisa jadi, bahwa dalam konteks ritual yang benar, mabuk alkohol memfasilitasi pengalaman mistis dan kuasi-mistis (atau pengalaman luar biasa)," tulis para peneliti seperti dilansir Science Alert, Senin (22/1/2018).

Untuk menjawab dugaan itu, penelitian dilakukan selama tiga hari saat ada acara festival musik Lowlands di Belanda, dengan melibatkan 193 partsipan. Para peneliti mengukur kadar alkohol dalam darah mereka.

Setelah itu, para peneliti juga memberitahukan bahwa Helm Tuhan akan merangsang otak secara elektromagnetik untuk menginduksi pengalaman spiritual. Mereka juga diberitahu bahwa mereka terhubung pada alat kesehatan seperti stiker denyut nadi.

Tak hanya itu, para partisipan juga diminta untuk mengisi kuesioner terkait pengalaman religiusitas dan spiritualitas, serta menjalani serangkaian tes.

Selama menggunakan Helm Tuhan, mata para peserta ditutup, dan mereka diminta dikenakan headphone dengan bunyi konstan. Proses tersebut berlangsung selama 15 menit. Jika merasakan pengalaman “luar biasa”, partisipan diminta menekan tombol.

Baca juga : Pengalaman Keluar dari Tubuh Bukan Mistis, Sains Menjelaskannya

Nyatanya, alat monitor kesehatan tak terhubung dengan apapun, dan meskipun helm skateboard memang memiliki kabel di bagian belakang yang terhubung pada kotak digital dengan lampu bekedip, tetapi helm itu tidak dipasangi generator listrik.

Anehnya, mayoritas partisipan mengaku mengalami pengalaman luar biasa. Peserta mengalami sensasi tubuh yang kuat, seperti gerakan tak disengaja atau sensasi mengambang. Banyak juga yang melaporkan melihat sosok dan mendengar suara asing. Pengalaman lainnya termasuk halusinasi, dan distorsi waktu dan ruang.

Selain itu, sensasi tubuh yang lemah seperti gatal, pusing, kantuk dan kenaikan denyut jantung juga sering dilaporkan.

"Saya memiliki perasaan bahwa helm mengendalikan saya. Kepalaku mulai berbalik dan mataku berputar," kata salah satu partisipan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com