Selain Berubah Warna, Bunglon Juga Bisa Bersinar di Bawah Sinar UV

Kompas.com - 19/01/2018, 08:08 WIB
Monika Novena

Penulis

Sumber New Atlas

KOMPAS.com -- Bunglon dikenal dengan kemampuannya mengubah warna tubuh untuk berkamuflase. Namun, ternyata bukan itu saja keahlian mereka.

Peneliti dari Jerman baru saja menemukan trik visual baru dari reptil ini. Di bawah sinar UV, tubuh mereka ternyata bisa menyala atau yang dikenal dengan istilah fluoresens.

Temuan ini berdasarkan pengamatan peneliti terhadap kurang lebih 300-an spesies yang mewakili dua genus. Mereka memotret hewan tersebut baik di habitat aslinya maupun spesimen yang terawetkan dengan mengunakan sinar UV untuk menerangi bunglon.

Tak disangka, di bawah sinar UV, bunglon bercahaya dan membentuk pola tertentu pada tubuh mereka.

"Kita hampir tidak dapat mempercayai mata kita saat menyinari bunglon dengan lampu UV, hampir semua spesies menunjukkan pola biru yang terlihat di kepala, beberapa bahkan di sekujur tubuh," kata David Prötzel, penulis utama penelitian ini dikutip dari New Atlas, Rabu (17/1/2018).