Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Pertemuan Manusia dan Hewan yang Berakhir Memilukan Sepanjang 2017

Kompas.com - 28/12/2017, 19:20 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis


KOMPAS.com – Hubungan manusia dan hewan seharusnya berjalan dalam simbiosis mutualisme. Namun, karena berbagai sebab pertemuan sederhana justru berakhir dengan kisah memilukan, bahkan hingga berujung pada kematian.

Kurangnya pengetahuan, ceroboh, atau sengaja memprovokasi hewan merupakan tindakan yang tak bisa dibenarkan. Contohnya, berswafoto di dekat kerumunan rusa, bermain dengan ular peliharaan, dan membakar rumah sendiri.

Berikut ini delapan kisah pertemuan antara manusia dan hewan sepanjang 2017 yang berakhir tragis. Kisah tersebut dilansir dari Live Science pada Jumat (22/12/2017). Semoga hal ini bisa membuat lebih berhati-hati.

Ditanduk Seekor Rusa

Papan peringatan telah menyatakan bahwa jarak aman untuk berada di dekat rusa setidaknya berada 100 kaki (30,48 meter). Namun hal itu tak diindahkan oleh empat orang saat berada di Lone Elk Park, Missouri, Amerika Serikat, pada 8 Oktober 2017 lalu.

Mereka berswafoto di dekat 17 kawanan rusa. Fotografer alam yang berada di sekitar melihat kejadian tersebut. Rusa jantan berteriak dan menyerang seorang wanita seperti dilaporkan St Louis Post-Dispatch.

Tanduk rusa merah (Cervus elaphus) tersebut masuk ke lengan pengunjung wanita. Pendarahan pun tak dapat dihindarkan.

ilustrasi pengunjung dan rusa ilustrasi pengunjung dan rusa

Gigitan Hewan Peliharaan yang Mematikan

Seorang remaja Australia hampir saja pergi untuk selamanya setalah terkena gigitan ular peliharannya. Jelas saja, ular peliharannya adalah seekor ular taipan pedalaman (Oxyuranus microlepidotus). Ular ini menyandang predikat sebagai salah satu ular paling mematikan di dunia.

Peristiwa malang itu terjadi paa 7 November 2017. Saat itu, sang tuan ingin mengembalikan peliharannya ke dalam kendang.

Racun ular taipan pedalaman sangat ampuh saat menyerang mamalia, termasuk manusia. Ular tersebut juga hampir secara ekslusift menyantap mamalia.

Baca juga : Kisah Nyata dari Australia, Ular Paling Berbisa Menggigit Majikannya

Nathan Chetcuti digigit ular taipan pedalaman peliharaannyaNathan Chetcuti, Facebook Nathan Chetcuti digigit ular taipan pedalaman peliharaannya

Mencium ikan berujung pada kematian

Tangkapan ikan pertama merupakan hal yang istimewa. Untuk itu, perlu selebrasi tersendiri. Seorang pria di sebuah dermaga di Bournemouth, Inggris, melakukan selebrasi dengan mencium ikan. Sikap itu telah menjadi tradisi bagi nelayan setempat.

Namun saat itu, 5 Oktober 2017, nasib baik tak berpihak kepadanya. Aksinya justru hampir membuat ciuman dengan ikan menjadi kegiatan terakhirnya.

Saat hendak dicium, ikan Dover sole (Solea solea) sepanjang 6 inci (14 centimeter) menggeliat, melompat, dan mendarat di tenggorokannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com