Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2017, 17:05 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KOMPAS.com -- Bagi banyak orang, desain tiang listrik adalah polusi visual. Namun, para inovator di luar negeri memiliki pendapat berbeda.

Mereka menjadikan tiang listrik sebagai medium kreativitas yang belum tergali dan berlomba-lomba untuk membuat tampilan yang lebih menarik tanpa mengurangi fungsi utamanya, yaitu menyalurkan listrik.

Berikut adalah lima desain tiang listrik yang paling unik dan mengagumkan:

1. Rusa

Menara listrik berbentuk rusa ini merupakan konsep dari studio desain Design Depot yang berbasis di Moskow. Tujuan mereka adalah membuat tiang menyatu dengan lingkungan sealami mungkin dengan menggunakan gambar binatang yang biasanya dapat dilihat di bentang alam.

Tower listrik berbentuk rusa di Moskowrocketnews24 Tower listrik berbentuk rusa di Moskow
2. Colossus

Di Buenos Aires, Argentina, sebuah tower listrik berbentuk robot setinggi 45 meter (148 kaki) yang disebut Colossus telah dibangun oleh kolektif seni kreatif yang disebut DOMA. Pada malam hari, wajah, jantung, tangan dan paku bahu robot menerangi lanskap dengan sebuah layar neon animasi.

Tiang listrik robotTiang listrik robot Tiang listrik robot
3. Tokoh abstrak aneh ini terlihat di sebuah jalan di Belanda.

tower tak jelas bentuknyatower tak jelas bentuknya tower tak jelas bentuknya
4. Badut

Di jalan raya M5 di Újhartyán, Hungaria; operator sistem transmisi listrik Hungaria MAVIR memasang tiang listrik berbentuk badut, karena tidak ada yang lebih menakutkan daripada badut yang membawa ribuan volt listrik.

tiang listrik baduttiang listrik badut tiang listrik badut

5. Tanah raksasa

Desain Tanah Raksasa yang dibuat oleh perusahaan Amerika Serikat Choi + Shine Architects ini baru saja menjadi viral di Jepang. Pasalnya, tiang listrik ini berbentuk seperti manusia yang tingginya 30 meter, mirip dengan raksasa pemakan orang di anime populer Attack on Titan.

Proyek tersebut sebetulnya diajukan untuk kompetisi tahun 2008 yang diselenggarakan oleh perusahaan transmisi Islandia Landsnet dan Asosiasi Arsitek Arkeologi.

Rencananya, tiang akan tampak "berjalan" melalui Islandia. Mereka akan dirakit dari bagian-bagian modular sehingga dapat dibuat menjadi berbagai pose yang berbeda, seperti berjongkok atau memanjat.

tower manusia 2tower manusia 2 tower manusia 2

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com