Hiu Ini Luar Biasa, Umurnya 272 Tahun, Vertebrata Terpanjang di Dunia - Kompas.com

Hiu Ini Luar Biasa, Umurnya 272 Tahun, Vertebrata Terpanjang di Dunia

Kontributor Sains, Monika Novena
Kompas.com - 23/10/2017, 21:03 WIB
Hiu Greenland. Ilmuwan mengungkap bahwa hewan yang hampir buta itu bisa hidup hingga setengah milenium.Franco Banfi/Getty Hiu Greenland. Ilmuwan mengungkap bahwa hewan yang hampir buta itu bisa hidup hingga setengah milenium.

KOMPAS.com - Ini bukan dongeng belaka. Di kedalaman samudra Atlantik utara yang gelap dan dingin, hidup spesies hiu dengan kemampuan biologis yang menakjubkan.

Hiu Greenland atau Somniosus microcephalus merupakan vertebrata berumur paling panjang di dunia.

Studi yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Science ini menunjukkan bahwa hewan tersebut dapat hidup setidaknya sampai 272 tahun. Bahkan tidak menutup kemungkinan mencapai usia 500 tahun.

"Kami sudah menduga mereka akan menjadi hewan berumur panjang, tapi saya sangat terkejut kalau mereka bisa sampai setua itu," kata Julius Nielsen, Peneliti dan ahli biologi di Universitas Kopenhagen.

Meski begitu bukan urusan yang mudah menentukan berapa usia seekor ikan hiu.

Pengukuran umur tidak bisa dilakukan melalui pengujian tulang, karena tulang hiu ini sebagian besar terdiri dari tulang rawan.

Peneliti menemukan cara baru untuk mengetahui usia Hiu Greenland, yaitu dengan meneliti mata mereka.

Studi kemudian dilakukan pada 28 Hiu Greenland betina yang telah mati secara tidak sengaja selama program pemantauan ikan yang dilakukan oleh Greenland Institute for Natural Resources.

"Rahasia dibalik kesuksesan studi ini adalah kita memiliki hiu mulai dari yang muda dan tua, berukuran sedang dan juga besar. Kita bisa membandingkan semuanya," kata Nielsen.

Hiu Greenland memiliki struktur mata unik karena lensa tumbuh seiring umur hewan. Semakin tua hiu, semakin banyak lapisan yang bertambah di lensa.

Para peneliti tidak dapat menghitung lapisan seperti pada lingkaran umur pada pohon. Namun peneliti bisa menghilangkan semua lapisan yang telah bertambah selama bertahun-tahun hingga mencapai pusat atau inti embrio dari lensa.

Jaringan ini terdiri dari protein yang terbentuk ketika hiu masih anak-anak. Dengan begitu peneliti bisa menganalisis komposisi kimia inti lensa mata untuk memperkirakan usia hewan tersebut.

Hasil penanggalan radiokarbon dari lensa mata hiu mengungkapkan bahwa hiu terbesar dalam penelitian dengan panjangnya sekitar 5 meter, diperkirakan berusia sekitar 392 tahun.

Ada beberapa hal lagi yang diungkap.

Seperti pertumbuhan mereka yang sangat lambat, kurang dari satu sentimeter pertahun. Sehingga setidaknya kita bisa menilai seberapa lama rentang hidup hewan itu.

Atau soal kedewasaan seksual seekor hiu. Mereka baru matang secara seksual ketika memiliki panjang tubuh diatas 4 meter. Jadi bisa diperkirakan mereka akan mulai berkembang biak pada usia 156 tahun.

Rahasia Umur Panjang

Habitatnya yang terpencil serta alam yang masih sulit dipahami membuat kehidupan hiu raksasa ini tidak banyak diketahui, termasuk soal berapa lama kehidupannya.

Namun lingkungan dingin bisa jadi penyebab mereka berumur panjang. Lingkungan dingin menyebabkan suhu tubuh rendah. Artinya, metabolisme mereka lebih lambat dan akan mengurangi kerusakan pada jaringan.

Itu mengapa hasil penelitian ini menjadi amat penting mengingat populasi hiu Greenland tidak diketahui pasti.

Kematian seekor hiu saja bisa menjadi sebuah kerugian besar.

Apalagi ancaman bisa datang dari mana saja. Keberadaan nelayaan yang tidak sengaja memancing mereka atau bertambahnya aktivitas ekplorasi minyak dan sumber daya alam lainnya, bisa menyebabkan mereka punah lebih awal.

"Panjang umur adalah sesuatu hal yang luar biasa, tapi saya berharap masyarakat juga mengetahui pentingnya melestarikan ekositem Kutub Utara dan perairan dalam," kata Aaron Fisk, ahli ekologi di University of Windsor yang tidak terlibat dalam peneltian ini.

"Jika hiu Greenland hidup selama ini dan tidak bereproduksi hingga berusia 150 tahun, maka populasi mereka rentan terhadap eksploitasi. Penting untuk membuat kebijakan untuk melindungi satwa seperti ini," katanya.

sumber dan gambar https://news.nationalgeographic.com/2016/08/greenland-sharks-animals-science-age/?utm_source=Facebook&utm_medium=Social&utm_content=link_fb20171022news-greenlandsharks&utm_campaign=Content&sf123912498=1

PenulisKontributor Sains, Monika Novena
EditorYunanto Wiji Utomo

Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM