Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2017, 23:02 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

MANADO, KOMPAS.com -- Rumah desa sehat adalah salah satu nawa cita Joko Widodo. Prinsip tersebut telah terealisasi di Manado, Sulawesi Utara dalam bentuk Posyandu Cerdas "Mawar" di Kelurahan Kleak.

Bersama Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr Anung Sugihantono, MKes, Kompas.com berkesempatan untuk mengunjungi posyandu yang telah terintegrasi lansia dan balita ini pada hari Kamis (19/10/2017).

Kedatangan Anung dan wartawan disambut oleh warga lansia kelurahan Kleak yang sedang senam pagi. Salah seorang lansia berkata bahwa "Opa dan Oma" di sini selalu melakukan senam pagi di Posyandu Cerdas "Mawar" setiap minggu.

Selain senam pagi, gedung ini juga dipakai sebagai posyandu sebulan sekali, PAUD sebulan sekali, tempat ibadah, dan lokasi kegiatan puskesmas keliling yang diadakan oleh Puskesmas Bahu.

"Jadi inilah yang disebut prinsip rumah desa sehat. Kita menempatkan sebuah fasilitas umum yang bsia dipakai untuk semua kegiatan ukbm kelurahan. Jadi kita bukan fokus gedung fisiknya, tetapi kegiatan-kegiatan ini," kata Anung.

Posyandu ini melayani 80 persen warga kelurahan Kleak, tetapi karena telah terintegrasi, jumlah dokter dan suster bertugas yang dibutuhkan hanya satu.

Petugas kesehatan tersebut didatangkan oleh Puskesmas Bahu, sebuah puskesmas berakreditasi Madya yang melayani setidaknya 100 pasien per hari,  60-100 kelahiran per bulan, inisiasi dini untuk setiap kelahiran, dan 144 kemampuan diagnosis.

Menurut Anung, posyandu cerdas seperti Mawar belum ada di banyak kota-kota besar, termasuk Jakarta. "Makanya saya mengusulkan di rptra ada ruangan yg bisa dipakai untuk seperti ini," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com