Kok Bisa Alga di Danau Ini Tumbuh Seluas 250.000 Lapangan Sepak Bola? - Kompas.com

Kok Bisa Alga di Danau Ini Tumbuh Seluas 250.000 Lapangan Sepak Bola?

Kompas.com - 06/10/2017, 09:07 WIB
Warna oranye dan cokelat pada gambar menggambarkan tanaman dan pepohonan di daratan. Sementara itu, Danau Erie terus menampilkan nuansa warna hijau. Satelit Terra milik NASA menangkap citra alamiah kawasan ini pada akhir September.NASA Earth Observatory Warna oranye dan cokelat pada gambar menggambarkan tanaman dan pepohonan di daratan. Sementara itu, Danau Erie terus menampilkan nuansa warna hijau. Satelit Terra milik NASA menangkap citra alamiah kawasan ini pada akhir September.

KOMPAS.com -- Lapisan alga tebal menutupi permukaan Danau Erie di Amerika Utara minggu lalu, membentang hingga lebih dari 1813 km persegi atau lebih luas dari 250.000 kali lapangan sepak bola. Luasan dan frekuensi ledakan populasi alga cerah semacam ini terus meningkat sejak tahun 2000-an, demikian menurut New York Times

Penyebab utama fenomena ini sebagian besar karena penggunaan pupuk berat di lahan pertanian di sekitar danau. Hujan menyebabkan pupuk luruh dari tanah ke sungai yang kosong, dan berakhir ke Danau Erie. 

(Baca juga: Mengapa “Laut Mati” di China Ini Tiba-tiba Berwarna-warni?)

Danau tersebut kini mengalami ledakan populasi alga setiap musim panas. Ledakan alga juga terjadi di danau-danau seluruh dunia akibat kenaikan suhu global dan peningkatan penggunaan pupuk—demi menghasilkan tanaman pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan populasi global yang kian meningkat. 

Meski demikian, tak semua ledakan alga bisa mencapai tingkat beracun. Ledakan laga di Danau Erie saat ini terus diawasi dan diketahui bahwa tingkat toksisitasnya masih rendah. Namun tetap saja, ledakan alga yang besar seperti ini dapat berdampak pada sektor ekonomi pariwisata daerah tersebut, karena masyarakat masih menghindari kawasan danau  akibat alga yang berbau busuk. 

David Spangler, wakil presiden Lake Erie Charter Boat Association, mendeskripsikan alga kepada New York Times sebagai zat berbau busuk, mirip kulit di permukaan air, dan begitu tebal hingga orang-orang bisa menuliskan nama mereka di atasnya.

Artikel ini sudah pernah tayang di National Geographic Indonesia dengan judul: Lapisan Alga Seluas 250.000 Lapangan Sepak Bola Tutupi Permukaan Danau Erie

EditorShierine Wangsa Wibawa
Sumber
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM