Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Hafal Lagu "Halina"? Simak Juga Puisi Tabel Periodik Ini

Kompas.com - 12/09/2017, 08:06 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com -– Siapa bilang sains tak bisa bergadengan tangan dengan seni? Sejak ratusan tahun yang lalu, Leonardo da Vinci sejak ratusan tahun yang lalu telah mematahkan paradigma itu dengan lukisan Mona Lisa yang monumental, serta pembahasannya mengenai fenomena earthshine - cahaya samar pada bulan yang dipantulkan oleh bumi. 

Di Indonesia sendiri, pemahaman akan sains juga dipermudah dengan lagu "Halina" yang sering digunakan oleh siswa-siswa IPA untuk menghafal tabel periodik.

Mary Soon Lee kemungkinan besar tidak terinspirasi oleh Halina ketika menggabungkan haiku, puisi pendek khas Jepang, dengan tabel periodik. Namun, penulis fiksi spekulatif Inggris ini berharap agar karyanya dapat mempermudah pemahaman tabel periodik, seperti Halina.

Dipublikasikan secara online bersamaan dengan edisi Agustus dari jurnal Science, Lee telah menciptakan 119 haiku untuk setiap unsur kimia. Dia mendeskripsikannya menggunakan beberapa bidang, termasuk di antaranya astronomi, biologi, dan sejarah.

Sebagai contoh, Lee menggambarkan unsur kimiawi Neon (Ne) menggunakan deskripsi lampu neon pada papa reklamen di pinggir jalan.

Neon
"Tak ada rasa malu karenanya.
Pengiklan membayar tagiahnnya.
Berhenti menatapnya dengan begitu kesal."

"Saya menulis beberapa haiku pertama (Hidrogen dan Helium) secara tiba-tiba, dan kemudian memutuskan untuk melihat apakah saya bisa menulisnya sampai ke akhir tabel periodik," kata Lee seperti dikutip ScienceAlert 8 September 2017.

Butuh waktu selama empat bulan bagi Lee untuk menghasilkan semua haiku. Setiap hari, penulis yang telah mendapatkan banyak penghargaan atas karyanya itu menghabiskan waktu beberapa jam untuk melakukan riset dan menulis haiku tabel periodik. Pasalnya, pengenalan Lee terhadap teknik ruang angkasa dan ilmu komputer hanya didapat dari SMA.

"Saya meneliti hampir setiap unsur, meski terkadang saya akhirnya menulis sesuatu yang aneh atau memanfaatkan informasi yang sudah saya ketahui," kata Lee.

Berikut adalah satu lagi haiku dari Lee mengenai unsur kimia Radon (Rn) yang menjadi gas radioaktif penyebab kanker pada beberapa rumah di Amerika Serikat:

Radon
"Bahaya bagi pemilik rumah.
Meluncur turun di ruang bawah tanah.
Merencanakan pembusukanmu."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com