Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Nurlina, Bagaimana Bisa Kanker Membuat Tubuh Dipenuhi Belatung?

Kompas.com - 08/09/2017, 10:50 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com – Nurlina, seorang warga asal Desa Pasiang, Kecamantan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengalami penyakit yang tak bisa dianggap sepele.

Selain mengidap penyakit kanker payudara stadium 4, tubuhnya juga ditumbuhi puluhan belatung. Belatung telah berkembang biak hampir sepekan di dalam tubuh Nurlina.

Sayangya, ia tak juga mendapatkan perawatan yang memadai. Nurlina dipindah dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya.

Baca : Menderita Kanker Stadium 4, Badan Nurlina Dipenuhi Belatung

Kepala Departemen Radioterapi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Prof. Dr. dr. Soehartati A. Gondhowiardjo, SpRad (K)OnkRad mengatakan, belatung tidak tumbuh pada kulit yang tertutup. Kemungkinan terdapat luka yang terbuka dan menjadi kotor.

Kanker payudara stadium 4 juga bisa tumor payudaranya sudah pecah. Luka itu terbuka kemudian kotor. Mungkin juga dihinggapi lalat,” kata Soehartati saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/9/2017).

Soehartati menegaskan bahwa penyakit kanker payudara dan timbulnya belatung bukanlah kondisi yang beriringan.

Belatung juga bisa tumbuh pada penyakit lain dengan luka terbuka, misalnya, hal itu bisa terjadi pada penderita diabetes melitus. Saat kaki pesien terluka, kotoran dapat masuk dan terjadi pembusukan.

“Bukan berarti kanker stadium 4 atau kanker payudara harus kena belatung. Itu dua hal yang berbeda,” ucap Soehartati.

Kemoterapi dapat menjadi pilihan pengobatan Nurlina. Selain itu, kondisi kesehatannya secara umum juga harus diperbaiki. Jika terdapat kekurangan cairan atau diperlukan pembahan gizi, cairan infus dapat diberikan. Kemudian, luka yang telah dihinggapi belatung juga dibersihkan.

Baca Juga: Gula Memang Memberi Makan Sel Kanker, tetapi...

Untuk pasein kanker, upaya pengobatan difokuskan pada perbaikan kualitas hidup. Meski telah sampai pada stadium akhir, selalu ada kemungkinan untuk mengontrol kanker dengan perawatan yang memadai.

“Bicara kanker tidak bicara sembuh. Kita bicara kemungkinan hidup 5 tahun – 10 tahun dengan pengobatan yang baik,” ujar Soehartati.

Sayangnya, Nurlina tidak lagi mendapatkan perawatan. Sebuah rumah sakit menjanjikan kepada Nurlina untuk diberikan kemoterapi, namun lebih dari dua bulan kemoterapi tak kunjung ia dapatkan dan tanpa mendapat penjelasan.

Dengan memgang kartu BPJS Kesehatan, pemerintah setempat dapat ikut membantu meringankan apa yang dialami Nurlina. Dengan kondisinya seperti itu, Nurlina tetap harus mendapat pengobatan yang layak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com