Kenapa Jam 2 Siang adalah Jam Paling "Malesin"? - Kompas.com

Kenapa Jam 2 Siang adalah Jam Paling "Malesin"?

Yunanto Wiji Utomo
Kompas.com - 24/08/2017, 18:00 WIB
Ilustrasi menguapShutterstock Ilustrasi menguap

KOMPAS.com - Bayangkan anda kerja kantoran dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Lalu, pada jam 2 siang, setelah makan siang dan ngobrol asyik dengan rekan kerja, Anda malas, mengantuk, dan ingin pulang.

Terungkap, rasa malas dan mengantuk itu bukan hanya karena Anda makan nasi dalam jumlah banyak yang mengakibatkan peningkatan glukosa dalam darah.

Studi yang dilakukan oleh Jamie Byrne, kandidat doktor dari Swinburne University of Technology, mengungkap bahwa apa yang Anda rasakan pada pukul 2 siang terkait dengan sistem penghargaan otak dan tubuh.

Sederhananya begini. Setiap kali kita melakukan aktivitas, otak kita akan memberikan penghargaan. Bagian otak yang memberikan penghargaan ini adalah putamen kiri, terletak di bagian dasar otak depan.

Baca Juga: Seperti Inilah Gambaran Otak Seorang Ekstremis

Otak lebih memberikan penghargaan pada kesenangan yang tak terduga. Misalnya, saat Anda menerima kejutan ulang tahun. Otak juga lebih aktif memberikan penghargaan pada siang hari.

Sepanjang jam kerja, bagian putamen kiri terus aktif. Namun, dalam risetnya yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience minggu ini, Bryne mengungkap bahwa aktivitas itu naik turun dalam setiap jamnya.

Dia merekrut 16 orang laki-laki yang sedang tidak mengalami jetlag untuk bermain tebak-tebakan sekaligus memindai otak mereka.

Baca Juga: Ketakutan Cuma Produk Otak, Kita Bisa Menghapusnya jika Mau

"Kami menemukan bahwa aktivasi bagian putamen kiri, pusat penghargaan yang berada di bagian dasar otak depan, mencapai level terendah pada jam 2 siang," kata Bryne.

"Tebakan kami, itu terjadi karena otak kita mendambakan penghargaan lebih pada jam-jam tertentu," imbuhnya seperti dikutip Mother News Network, Rabu (23/8/2017).

Saat jam 2 siang, tubuh sudah bekerja berjam-jam. Maka, otak membutuhkan penghargaan lebih. Namun kadang itu tak terpenuhi sehingga berujung pada kelelahan.

Hasil penelitian ini bermanfaat untuk merencanakan kegiatan sehari-hari. Hindari melakukan tugas penting pada jam 2 siang, kecuali terpaksa.

Psikolog Eric Barker yang tak terlibat riset mengajak orang untuk menyusun prioritas pekerjaan. Lakukan pekerjaan paling mudah atau kurang penting pada pukul 2 siang.

Robert J. Davis dari Fitter Faster seperti dikutip CNN, Rabu, mengatakan, olahraga bisa dilakukan pada pagi atau sore hari usai bekerja.

Pemberian kejutan ulang tahun pun perlu memperhitungkan waktu. Jangan memberikan pada pukul 2 siang sebab otak bahkan butuh waktu untuk mencerna kejutan itu.

Baca Juga: Apakah Cinta Selamanya Itu Benar-benar Ada?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisYunanto Wiji Utomo
EditorYunanto Wiji Utomo

Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM