Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2017, 10:47 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerhana bulan sebagian muncul di Indonesia pada Senin (7/8/2017) tengah malam hingga Selasa (8/8/2017) dini hari.

Gambaran penampakan bulan saat puncak gerhana terekam dari berbagai wilayah di Indonesia pada Selasa dini hari.

(Baca juga Seperti Inilah Penampakan Bulan Saat Gerhana Senin Malam Nanti)

Bulan dengan wajah itu bisa dilihat dengan mata telanjang, tak perlu alat bantu. Selain itu, tak perlu juga pelindung untuk mengamatinya.

Puncak gerhana bulan sebagian sekitar pukul 02:20 Wita yang terpantau dari Kota Gianyar, Bali, Selasa (8/8/2017). Gerhana bulan yang berlangsung sekitar 1 jam 55 menit tersebut dapat dilihat dari seluruh kepulauan di Indonesia.ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANA Puncak gerhana bulan sebagian sekitar pukul 02:20 Wita yang terpantau dari Kota Gianyar, Bali, Selasa (8/8/2017). Gerhana bulan yang berlangsung sekitar 1 jam 55 menit tersebut dapat dilihat dari seluruh kepulauan di Indonesia.

Gerhana malam ini adalah gerhana terakhir pada 2017. Tahun ini, ada 2 gerhana matahari dan 2 gerhana bulan.

Tak satu pun gerhana matahari tahun ini yang bisa disaksikan dari Indonesia. Sementara, satu gerhana bulan lainnya cuma gerhana penumbra sehingga tak kasatmata.

(Baca juga Kenapa Orang Islam Shalat Saat Gerhana?)

Foto-foto fase terjadinya gerhana bulan sebagian itu terekam dengan baik oleh fotografer Antara.

Foto itu antara lain diambil dari Gianyar, Bali; Indramayu, Jawa Barat; dan Surabaya, Jawa Timur.

Berikut ini foto-foto terjadinya gerhana bulan sebagian yang terlihat di beberapa tempat di Tanah Air.

Foto kolase gerhana bulan sebagian di Indramayu, Jawa Barat, Selasa (8/8/2017) dinihari. Fenomena Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang terjadi selama 5 jam 52 detik tersebut, 20 persen permukaan bulan berada dalam bayang-bayang bumi dan terjadi pada pukul 00.22 WIB hingga puncaknya pada pukul 01.20 WIB.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Foto kolase gerhana bulan sebagian di Indramayu, Jawa Barat, Selasa (8/8/2017) dinihari. Fenomena Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang terjadi selama 5 jam 52 detik tersebut, 20 persen permukaan bulan berada dalam bayang-bayang bumi dan terjadi pada pukul 00.22 WIB hingga puncaknya pada pukul 01.20 WIB.

Foto kolase proses gerhana bulan parsial terlihat di kawasan Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/8/2017). Fase gerhana bulan parsial berlangsung selama 1 jam 56,6 menit, dari pukul 00.22 WIB hingga 2.18 WIB.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Foto kolase proses gerhana bulan parsial terlihat di kawasan Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/8/2017). Fase gerhana bulan parsial berlangsung selama 1 jam 56,6 menit, dari pukul 00.22 WIB hingga 2.18 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com