Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2017, 20:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Walaupun film Wonder Woman masih diputar di bioskop, seorang profesor fisika tidak bisa menghentikan kekagumannya terhadap karakter superhero wanita yang diperankan oleh Gal Gadot tersebut.

Menggunakan rumus fisika, Rhett Allain, seorang Associate Professor dari Southeastern Louisiana University mengulas bagaimana Wonder Woman dapat menangkis peluru hanya dengan gelang.

Menurut dia, hal pertama yang harus Anda ketahui untuk menjelaskan kemampuan tersebut adalah momentum, hasil perkalian dari massa sebuah obyek dengan kecepatannya.

Ketika dua obyek bertumbukkan, masing-masing objek saling mendorong untuk waktu yang sama sehingga perubahan momentumnya nol atau momentumnya kekal. Namun, bila salah satu objek berukuran lebih kecil, maka perubahan kecepatannya menjadi lebih tinggi, walaupun perubahan momentumnya sama.

“Nah, misalnya sebuah bola golf bergerak menuju bola baket yang tidak bergerak dan mental ke arah sebaliknya. Dengan mengetahui perubahan momentum dari bola golf, aku bisa menentukan kecepatan dorongan mundur dari bola basket karena momentumnya pasti kekal,” tulis Allain.

Dengan hukum tersebut, Allain pun menghitung kecepatan dorongan mundur Wonder Woman ketika menangkis peluru di atas permukaan es yang licin.

Rhett Allain Rumus perubahan momentum

Bila sebuah peluru memiliki massa 4,2 gram dan kecepatan 965 meter per detik, maka perubahan momentum yang dikalkulasikan menggunakan rumus di atas adalah 8,1 kilogram*meter per detik dan Wonder Woman (yang dalam kalkulasi Allain hanya 50 kilogram) akan terdorong mundur dengan kecepatan 0,162 meter per detik.

“Kecepatan ini sangat lambat dan dia berada di atas permukaan es licin yang dalam filmnya tidak demikian. Jadi, sebuah peluru yang mengenai gelang hanya bisa mendorong Wonder Woman sedikit (di atas es) dan tidak sama sekali jika dia berada di tanah biasa,” tulis Allain.

Bila peluru dari senapan bukan masalah, bagaimana bila peluru ditembakan dengan senapan mesin? Untuk sederhananya, Allain mengalkulasikannya dengan kecepatan dan massa peluru yang sama, tetapi ditembakkan dengan kecepatan 500 peluru per menit.

Rhett Allain Rumus gaya rata-rata

Menggunakan rumus di atas, Allain menemukan bahwa gaya rata-rata yang dialami oleh Wonder Woman ketika menangkis peluru dari senapan mesin sekitar 67,5 newton. “Ini sama seperti diduduki anjing kecil, bukan masalah besar. Dengan sedikit gesekan, Wonder Woman bisa dengan mudah menangani beberapa senapan mesin, kecuali bila dia berdiri di atas permukaan es yang licin,” tulisnya.

Namun, Allain menemukan dua hal yang membuat Wonder Woman berbeda dari manusia biasa, yaitu waktu reaksi setelah superhero ini menyadari keberadaan peluru, sekitar 30 meter dari tempatnya berdiri, dan kekuatan yang digunakannya untuk menangkis peluru tersebut.

Rhett Allain Rumus untuk waktu reaksi

Jika peluru bergerak dengan kecepatan 700 meter per detik, maka waktu reaksi yang dibutuhkan Wonder Woman untuk menangkis peluru tersebut hanya 0,043 detik atau 43 milidetik. “Tidak banyak waktu untuk bereaksi. Waktu reaksi yang baik menurutku sekitar 160 milidetik, jadi mungkin ini adalah salah satu alasan Wonder Woman sangat super,” tulisnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com