Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ular Mematikan Berebut Pasangan dan Inilah yang Akhirnya Terjadi

Kompas.com - 05/06/2017, 12:14 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Seperti manusia dan spesies lainnya, ular juga berebut pasangan. Pemandangan langka ketika ular berebut pasangan terekam oleh Cara Treherne, pemain golf amatir dari Afrika Selatan.

Pertengahan Mei lalu, Treherne dan rekannya hendak bermain golf di Leopard creek Country Club, tak jauh dari Kruger National Park di Malalane, Afrika Selatan.

Namun tepat ketika hendak memulai permainan, ia melihat sepasang ular (belakangan diketahui berjenis kelamin jantan) tengah melilit satu sama lain, seperti sedang beradu.

Ia menunda permainan golf, mengabadikan pemandangan langka itu dan mengunggahnya ke LatestSighting.com. Videonya bisa disaksikan di bawah ini.

Apa yang tengah dilakukan sepasang ular itu? Melissa Amarello, Direktur Pendidikan di lembaga Advocates for Snakes Preservation mengungkapkan, kedua ular itu sedang beradu untuk mendapatkan betina.

Ular yang terekam sedang beradu itu merupakan jenis ular mamba hitam, spesies ular darat tercepat, ular berbisa terpanjang di dunia, dan salah satu ular paling mematikan di dunia.

Seperti disaksikan dalam video, meski beradu, dua ular mamba hitam itu tak menggigit apalagi membunuh satu sama lain.

Alih-alih membunuh, ular mamba hitam yang sedang bertarung malah kelihatan seperti menari. Masing-masing melilit dan menyudulkan kepala ke atas.

Baca Juga: Kasus Piton di Sulawesi, Bagaimana Ceritanya Bisa Memangsa Petani?

Amarello mengatakan, pertarungan ular mamba hitam mirip seperti adu panco. Pejantan cuma mau menyatakan dominasinya sehingga bisa mendapatkan betina.

"Ular itu hanya beradu untuk mendapatkan betina sehingga saya berasumsi ada betina di sekitarnya," ungkap Amarello seperti dikutip Livescience, sabtu (2/6/2017).

Pemandangan ular mamba hitam beradu adalah pemandangan langka. Pasalnya, spesies itu terkenal tak suka berkelahi.

"Pertengkaran dan perkawinan pada ular kadang membingungkan, mungkin karena orang berasumsi pertengkaran itu akan penuh kekerasan," ujar Amarello.

"Namun nyatanya, ular yang bertengkar terlihat sangat damai sehingga kadang dikira seperti jantan dan betina yang tengah kawin," imbuhnya.

Pertengkaran pada jenis ular tak berbisa biasanya lebih mengerikan. Satu ular bisa menggigit dan mematikan yang lain.

Baca Juga: 13 Jenis Piton Indonesia yang Harus Anda Ketahui Keberadaannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com