Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Antara Dua Monyet Ini, Mana yang Lebih Tampan?

Kompas.com - 03/06/2017, 11:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Sebagai manusia, Anda mungkin kesulitan untuk menjawabnya. Namun, bagi monyet rhesus (Macaca mulatta), jawabannya sudah pasti yang kanan.

Hal ini dibuktikan dalam studi yang digagas oleh Constance Dubuc, seorang pakar biologi evolusi dari University of Cambridge. Sejak tahun 2012, Dubuc bersama koleganya mempelajari perilaku 250 monyet rhesus di sebuah lapangan Karibia untuk mengetahui pengaruh warna terhadap kesuksesan reproduksi.

(Baca juga: Cari Makan, Monyet Jenius Uluwatu Sandera Barang Wisatawan)

Caranya adalah dengan menunjukkan dua foto wajah monyet rhesus yang memiliki warna berbeda kepada masing-masing monyet.

Ternyata, wajah yang merah gelap terlihat sangat menarik bagi monyet betina dan lumayan menarik bagi monyet jantan. Ketika dihadapkan dengan foto wajah yang berwarna merah gelap, mata monyet rhesus terhenti lebih lama.

“Sama dengan manusia, jika Anda melihat seseorang yang menarik di jalan, mata Anda akan terhenti padanya lebih lama,” ucap Dubuc.

Para peneliti kemudian mengonfirmasikan dugaan mereka dengan mengamati perilaku monyet rhesus di habitatnya. Mereka menemukan bahwa monyet jantan dengan wajah yang lebih merah mendapat lebih banyak tawaran dari monyet betina bila dibandingkan  dengan monyet berwajah pucat.

(Baca juga: Kisah Paman Gembul, Monyet Obesitas dari Thailand)

Namun, warna tidak selalu menentukan kesuksesan reproduksi. Walaupun monyet betina berwajah merah gelap mengalahkan yang berwajah pucat dalam jumlah keturunan, hal ini tidak berlaku pada monyet jantan.

Bagi monyet jantan, ketentuan untuk mendapatkan lebih banyak pasangan dan keturunan juga bergantung pada dominasi yang mereka miliki dalam kelompok. “Warna saja tidak cukup,” kata Dubuc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com