Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2017, 17:40 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com - Wilayah Indonesia yang luas membuat waktu di tiap wilayah mendapatkan cahaya matahari dalam jumlah yang bervariasi.

Variasi periode penyinaran matahari menimbulkan perbedaan lamanya puasa Ramadhan. Di mana wilayah Indonesia yang mengalami puasa terlama tahun ini?

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan, saat ini, matahari sedang berada di dekat 23,5 derajat Lintang Utara.

Karena itu, belahan bumi utara mengalami siang lebih lama. "Begitu juga di Indonesia, wilayah utara mengalami siang lebih lama," kata Thomas lewat pesan singkat, Selasa (30/5/2017).

Wilayah Indonesia yang mengalami puasa terlama adalah Aceh. Saat orang-orang di Jawa bersiap untuk shalat Tarawih, orang Aceh baru berbuka.

Berdasarkan metode perhitungan Kementerian Agama Banda Aceh yang didapat dari laman muslimpro.com, waktu Magrib di Banda Aceh pada Selasa (30/5/2017) pukul 18:50 WIB.

Bandingkan dengan Jakarta yang mengalami sudah dapat pada pukul 17.46. Sementara itu, daerah yang paling cepat berbuka adalah Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Di sana, orang akan berbuka puasa pada pukul 17.31 WITA.

Meski demikian, karena berada di wilayah khatulistiwa, perbedaan lama puasa di Indonesia tak terlalu signifikan dan tak terlalu terpengaruh gerak semu Matahari.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com