7 Hal yang Membuat Kebun Raya Bogor Istimewa - Kompas.com

7 Hal yang Membuat Kebun Raya Bogor Istimewa

Yunanto Wiji Utomo
Kompas.com - 18/05/2017, 20:34 WIB
KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Jenis bambu raksasa, terbesar di dunia yang memiliki nama latin collomus giganteus ini berasal dari Burma. Namun, bisa dikembangbiakan di Kebun Raya Bogor.

KOMPAS.com - Kebun Raya Bogor pada Kamis (18/5/2017) genap berusia 200 tahun. Sebuah prasasti dibuat untuk merayakan momentum tersebut. Acara perayaan dihadiri banyak ilmuwan dari dalam dan luar negeri.

Mungkin ada yang bertanya, apa istimewanya Kebun Raya Bogor sampai banyak orang ikut merayakannya. Fakta mengungkap, kebun raya terbesar di Indonesia itu bukan cuma tempat nongkrong warga Bogor saat Minggu.

Punya 12.531 Koleksi

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu kebun raya terlengkap di dunia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencatat, kebun raya ini punya 12.531 koleksi yang dikelompokkan dalam 3.228 jenis, 1.210 marga, dan 214 suku.

Tempat Penemuan Hormon Penting

Ada yang disebut Laboratorium Treub di Kebun Raya Bogor. Di tempat itu, ilmuwan bernama Hans Fitting dan Boysen Jensen menemukan hormon pertumbuhan pada tanaman, auksin. Penemuan tersebut mendorong perkembangan pertanian di seluruh dunia.

Tempat Spesies Rafflesia Pertama Berhasil Dikembangbiakkan

Jenis Rafflesia pertama yang ditemukan adalah Rafflesia padma. Peneliti Sofi Mursidawati bersama timnya adalah orang yang pertama kali berhasil membiakkan bunga berbau bangkai itu. Keberhasilan itu luar biasa mengingat sulitnya menyerbukkan bunga.

KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Rafflesia arnoldi bukan satu-satunya
Membuat Indonesia Terkenal di Korea

Korea dikenal di Indonesia karena drama dan musik pop-nya. Indonesia dikenal di Korea karena bunga bangkai Titan Arum. Sofi juga berperan membawa koleksi bunga itu ke Korea beberapa tahun lalu.

Mendorong Perkembangan Sains di Indonesia

Kalau ada institusi yang layak disebut mendorong perkembangan sains, itu adalah Kebun Raya Bogor. Adanya kebun raya mendorong kegiatan pemuliaan tanaman dan pembibitan. Selanjutnya, Indonesia bisa mengembangkan ke kedokteran dan bidang sains lainnya.

Tempat Anggrek Terbesar di Dunia Berada

Kebun Raya Bogor menyimpan koleksi anggrek raksasa atau anggrek harimau (Grammatophylum speciosum). Anggrek ini tercatat di Guinness Book of Record sebagai yang tertinggi di dunia. Tingginya bisa mencapai 7,5 meter.

Punya Pohon Leci yang Umurnya Sudah 194 Tahun

Kebun Raya Bogor menjadi tempat hidup pohon leci (Litchi chinensis) yang berumur 194 tahun. Dulu, pohon itu didatangkan dari Tiongkok pada masa Belanda. Pohon itu menjadi saksi sejarah perkembangan kebun raya dan Indonesia.

Sebenarnya, ada banyak lagi keistimewaan Kebun Raya Bogor. Siapa pun perlu mengunjungi dan mengenal keragaman tumbuhannya. Pada saat yang sama, ingat untuk selalu menjaga lingkungan kebun raya, salah satunya dengan menjaga rumput dan tidak membuang sampah sembarangan.


PenulisYunanto Wiji Utomo
EditorYunanto Wiji Utomo
Komentar