Inilah Warna Biru Terbaru yang Ditemukan dalam 200 Tahun Terakhir - Kompas.com

Inilah Warna Biru Terbaru yang Ditemukan dalam 200 Tahun Terakhir

Shierine Wangsa Wibawa
Kompas.com - 13/05/2017, 12:07 WIB
Pigmen YInMn

KOMPAS.com – Indigo, Ultramarine, Cyan, Navy, dan Azure hanyalah lima di antara beragam variasi warna biru yang tersedia. Namun, penemuan warna biru terhenti setelah Louis Jacques Thenard menemukan pigmen biru Cobalt pada tahun 1802.

Kini, setelah 200 tahun lamanya, seorang pakar kimia berhasil menemukan pigmen biru yang baru. Dinamakan biru YInMn, Mas Subramanian yang juga seorang profesor di Oregon State University berhasil menemukan pigmen tersebut di laboratoriumnya pada tahun 2009.

Mengenai penemuan tersebut, Subramanian yang diwawancarai oleh Fast Company 10 Mei 2017 mengatakan, kejadian itu hanyalah sebuah kecelakaan yang menyenangkan karena kita tidak mencarinya.

Memang, terobosan ini terjadi karena seorang siswa di laboratoriumnya menggabungkan yttrium, indium, dan oksida mangan (sebuah senyawa kimia yang mengandung oksigen) di atas api. Ketika campuran tersebt ditarik keluar, warnanya telah berubah menjadi biru yang cerah.

Dengan segera, warna tersebut dipatenkan oleh laboratorium Subramanian.

Penemuan yang tak terduga tersebut berbuah sangat manis. Shepherd Color Company, perusahaan orangtua dari Crayola, membeli izin untuk menggunakan biru YinMn dari Subramanian dan berencana untuk memasukkannya sebagai anggota warna terbaru mereka.

Pigmen yang diproduksi dengan suhu tinggi tersebut sangat stabil (tidak bereaksi ketika dipanaskan, didinginkan, atau dicampur dengan air atau asam) sehingga sangat sesuai untuk digunakan sebagai bahan pewarna.

Shepherd Color Company hanya butuh izin dari Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat untuk mulai memproduksinya dan memasarkannya pada akhir tahun ini sebagai pengganti krayon kuning Dandelion yang pensiun pada bulan Maret.

Mereka juga sedang mengadakan kompetisi untuk memberi biru YinMn nama baru yang lebih mudah untuk diucapkan.

Smith Holland, CEO dan Presiden Crayola, berkata dalam siaran pers, kita berusaha untuk menjaga agar palet warna kita inovatif dan sesuai tren. Itulah sebabnya kita sangat senang untuk memperkenalkan krayon biru baru yang terinspirasi oleh pigmen YinMn.

PenulisShierine Wangsa Wibawa
EditorShierine Wangsa Wibawa

Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM