Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarang Laba-laba Raksasa Lingkupi Taman di New Zealand

Kompas.com - 02/05/2017, 19:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Sekitar dua minggu yang lalu, Tracey Maris dan keluarganya menemukan sesuatu yang tidak biasa ketika mengunjungi sebuah lapangan bola di Papamoa, New Zealand.

Tidak jauh dari lapangan tersebut, sebuah taman yang menggunduk tampak dilingkupi oleh kain tipis yang berkerlap-kerlip.

Pada awalnya, Maris dan keluarganya mengira bahwa jaring-jaring tersebut kosong. Namun, ketika mengamati lebih lanjut, mereka menemukan ribuan laba-laba bergantung di sana.

“Seperti yang Anda duga, kami menjerit keras sekali,” ujarnya kepada New Zealand Herald.

Kepada Storyful, Maris lalu bercerita bahwa sarang laba-laba raksasa tersebut ditemukan pada gundukan yang baru saja dibuat untuk evakuasi tsunami.

Gundukan ini ternyata juga menarik perhatian laba-laba yang berusaha menyelamatkan diri dari banjir Cyclone Cook yang terjadi pada awal minggu tersebut.

Dengan panjang 30 meter dengan lebar yang mencapai tiga meter, Thomas Scheibel, pemimpin Department for Biomaterials di University of Bayreuth, Jerman, berkata bahwa sarang laba-laba ini kemungkin besar dibuat oleh laba-laba dari keluarga Stiphidiidae menggunakan benang yang berbeda-beda.

New Zealand sendiri memiliki bermacam-macam laba-laba dari keluarga Stiphidiidae, mulai dari yang hanya berukuran beberapa sentimeter hingga Cambridgea foliata yang bisa sebesar telapak tangan manusia dewasa. Setiap C foliata juga dapat membuat sarang dengan diameter satu meter.

“Mustahil untuk mengetahui laba-laba mana yang membuat sarang di video tersebut,” kata Scheibel kepada LiveScience.

Dia melanjutkan, tetapi kemungkinan besar mereka dibuat oleh satu spesies saja dengan jumlah menjadi beberapa ribu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com