Penyebab Tak Terduga Sering Bangun Malam untuk Pipis - Kompas.com

Penyebab Tak Terduga Sering Bangun Malam untuk Pipis

Kompas.com - 01/04/2017, 17:00 WIB
DAILYMAIL.CO.UK Ilustrasi

KOMPAS.com - Keinginan untuk buang air kecil di tengah malam bukan cuma menyebalkan, tapi juga bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan yang belum terdeteksi, misalnya diabetes.

Penyebab lainnya kebelet pipis di malam hari adalah pola makan yang terlalu tinggi garam. Mengurangi asupan garam bukan hanya bisa mengurangi rasa ingin pipis saat tidur (nocturia), tapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Nocturia memang kebanyakan dialami oleh orang berusia di atas 50 tahun. Kondisi ini akan membuat tidur terganggu sehingga bisa menyebabkan rasa lelah keesokan harinya.

"Dengan mengubah pola makan, yakni mengurangi asupan garam, secara signifikan mengurangi frekuensi pipis di malam hari," kata Dr.Matsuo Tomohiro, peneliti dari Universitas Nagasaki, Jepang.

Penelitian yang dilakukan Tomohiro kepada orang yang sebelumnya mengalami nocturia membuktikan efektivitas mengurangi asupan garam.

Selain pola makan, dorongan untuk pipis saat tidur malam juga bisa disebabkan oleh obat-obatan, kecemasan, infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, serta diabetes.


EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM