Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2017, 19:36 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Ilmu material kini tidak cuma bertujuan membuat komponen benda mati, tetapi juga bagian tubuh manusia. Kemampuan membuat tiruan jaringan hingga organ akan memberi peluang baru bagi pengobatan penyakit dan penggantian organ yang rusak.

Terobosan baru kini dibuat oleh Ilmuwan dari Worcester Polytechnic Institute (WPI). Mereka berhasil membuat jaringan jantung lengkap dengan pembuluh darahnya dari daun bayam. Yup, daun bayam seperti yang biasa dibuat pecel atau smoothies.

Tumbuhan dan hewan memang punya pendekatan berbeda untuk mengirim nutrisinya ke seluruh bagian tubuh. Namun, jaringan pembuluh darah keduanya sebenarnya mirip. Ini membuat pembuatan jaringan tiruan untuk hewan dan manusia dari jaringan tumbuhan mungkin.

Untuk menyulap daun bayam menjadi jaringan jantung, Joshua Gershlak, pimpinan proyek penelitian, mengalirkan larutan detergen ke daun bayam. Ini bertujuan untuk membersihkan bayam dari klorofil dan material lain yang diangkut. Bagian yang disisakan hanya selulosa. Proses ini disebut deselularisasi.

"Saya pernah melakukan deselularisasi jaringan jantung pada manusia. Ketika saya melihat daun bayam, batangnya mengingatkan saya pada aorta (pembuluh utama jantung). Jadi saya pikir, kenapa tidak mencobanya. Awalnya kami tak yakin tapi ternyata prosesnya mudah dan bisa diulang." ungkap Gershlak.

Pada tahap akhir, Gershlak mencoba mengalirkan darah pada jaringan tiruan itu. Diberitakan Science Alert, Senin (27/3/2017), jaringan jantung tiruan itu ternyata bekerja dan bisa mengalirkan darah.

Sejauh ini, peneliti baru berhasil membuktikan bahwa gagasannya sukses secara konsep. Daun bayam yang disulap menjadi jaringan jantung belum diujikan pada jantung manusia secara langsung. Mereka juga belum punya gambaran apakah jaringan jantung dari daun bayam itu akan bisa menyatu dengan jantung dan tidak ditolak tubuh.

Meski demikian, keberhasilan ini tetap menarik. Paling tidak, ini memberi gambaran bahwa jaringan jantung tidak harus selalu dibuat dari "mentah" alias dari menumbuhkan sel-sel jantung tertentu. Keberhasilan ini memberi alternatif pengembangan organ tiruan.

Pengembangan bagian atau keseluruhan organ tiruan penting. Jariang tiruan saja nisa menolong orang yang kena serangan jantung. Setiap kali seseorang mengalami serangan jantung, jaringan tertentu akan rusak dan sulit diperbaiki. Jaringan tiruan bisa menjawab masalah.

Sejauh ini, ada banyak upaya untuk membuat organ tiruan. Ada yang mengembangkan dengan printer 3D. Namun, keberhasilannya masih kecil sebab sulit untuk meniru kompleksitas pembuluh jarah jantung. Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Biomaterials bulan Maret ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com