Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lipstik Khusus Ini Bisa Ungkap Masa Subur Wanita

Kompas.com - 23/03/2017, 13:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Bagi wanita yang berencana untuk hamil, mengetahui masa subur atau ovulasi menjadi sangat penting. Ovulasi terjadi ketika sel telur yang sudah matang berpindah dari indung telur dan siap untuk dibuahi. Peluang kehamilan semakin tinggi bila bercinta pada masa subur.

Masalahnya, bagaimana cara mengetahui masa ovulasi? Umumnya, wanita akan menerka-nerka sendiri masa suburnya setelah menstruasi atau menjalani pemeriksaan ke dokter.

Untuk mengetahui masa subur dengan mudah dan praktis, perusahaan starup asal Korea, Vital Smith pun menciptakan alat sederhana bernama "Bbless".

Bekerjasama dengan para ahli, Vital Smith membuat mikroskop portable berbentuk lipstik, menggunakan strip film khusus, dan aplikasi di smartphone untuk mendeteksi masa subur melalui air liur.

"Tes ini menggunakan air liur. Jadi wanita hanya perlu menjilat di film khusus itu. Lalu masukan film ke lipstik," jelas Kay Kyungmin dari Vital Smith saat ditemui dalam jumpa pers Bayer Pharmaceuticals Division Asia Pacific Financial 2017 di Singapura, Selasa (21/3/2817).

Setelah itu, cukup tempelkan lipstik ke kamera smartphone dan membuka aplikasinya. Aplikasi Bbless di smartphone akan membaca masa ovulasi wanita tersebut.

Dian Maharani/Kompas.com Key Kyungmin (27), salah satu pemuda asal Korea dari starup Vital Smith yang membuat alat tes sederhana untuk mengetahui masa subur wanita.

Kay menjelaskan, struktur kristal dapat terlihat dalam air liur wanita yang berkolerasi dengan tingkat estrogen. Dari situ, Bbless dapat mengindentifikasi bentuk struktur kristal di air liur yang menunjukkan masa ovulasi seorang wanita.

"Menurut riset, tingkat akurasinya sekitar 96 persen," kata Key.

Jadi, Bbless sangat praktis di bawa ke mana saja, digunakan kapan saja, seperti halnya kaum wanita memakai lipstik. Dalam waktu mendatang, Bbless akan diluncurkan sehingga dapat digunakan untuk membantu para wanita mengetahui masa suburnya.

Inovasi ini mengantarkan Key dan kawan-kawan menjadi salah satu pemenang dalam Grants4Apps Accelerator tahun lalu. Grants4Apps merupakan program dari Bayer untuk mendukung inovasi teknokogi di bidang kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com