Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Orang yang Bugar Bisa Kena Serangan Jantung?

Kompas.com - 08/03/2017, 12:09 WIB

KOMPAS.com - Pelatih kebugaran yang juga pembawa acara "Biggest Loser", Bob Harper, baru saja pulih dari serangan jantung yang dideritanya. Banyak orang tak menduga pria yang terlihat sehat dan bugar itu bisa kena serangan jantung.

Anda juga mungkin pernah mendengar teman atau kerabat yang tampak sehat, tak merokok, dan kurus, tapi juga menderita serangan jantung.

Dikutip dari situs WebMD, orang yang rentan terkena serangan jantung adalah mereka yang berusia di atas 60 tahun, kegemukan, menderita diabetes, kadar kolesterol tinggi, atau punya hipertensi.

Meski begitu, faktor genetik ternyata juga berperan. Seperti yang dialami Harper. Pria berusia 51 tahun itu mengatkaan bahwa ibunya juga meninggal karena serangan jantung.

"Faktor genetik dan kondisi vaskular bisa memengaruhi mengapa ada orang yang kena serangan jantung di usia muda," kata Malissa J.Wood, ahli jantung dari Massachusetts General Hospital.

Siapa pun, bahkan yang tergolong bugar dan sehat, perlu mewaspadai faktor risiko serangan jantung. Serangan jantung juga dapat terjadi saat kita sedang berolahraga.

Gejala yang harus diwaspadai antara lain nyeri dada, rasa tidak nyawan di lengan atau seperti kesemutan, sakit pada leher dan rahang, kelelahan berat, dan keringat dingin.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com