Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mudah Percaya Semua yang Tertulis di Label Kosmetik

Kompas.com - 07/03/2017, 12:48 WIB

KOMPAS.com- Beberapa istilah pada label produk perawatan kulit dan kosmetik dianggap bisa membingungkan konsumen, karenanya jangan gampang percaya dengan apa yang tertulis di kemasan.

"Bahasa yang dipakai di label tidak selalu merupakan deskripsi yang akurat dari apa yang ada di dalam botol atau efeknya pada kulit," kata Dr.Rajani Katta, pakar dari American Academy of Dermatology.

Katta menjelaskan, produsen sengaja menggunakan istilah tertentu untuk tujuan marketing produk, dan istilah tersebut bisa jadi punya arti berbeda pada produk yang lain.

"Karenanya jadi sulit untuk menentukan apa yang mereka maksud untuk kulit kita," katanya.

Bahasa yang dipakai untuk deskripsi produk kecantikan memang tidak diatur oleh Food and Drug Administration AS. Hal itu berarti, istilah seperti "untuk kulit sensitif" atau "hipoalergenik" tidak menjamin produk itu tak akan memicu reaksi alergi atau iritasi.

Produk yang mengklaim "natural" juga tidak berarti lebih bagus. "Ingat juga bahwa tanaman 'poison ivy' juga alami. Bahkan jika kandungan alami bermanfaat untuk kulit, beberapa jenis produk mencampurkan bahan-bahannya dengan zat pengawet atau tambahan yang bisa berbahaya," kata Katta.

Untuk produk yang memiliki label "bebas pewangi (fragrance-free)" boleh saja tetap mengandung zat pewangi, asalkan tidak dimaksudkan selain sebagai pengharum.

Istilah "tidak berpewangi (unscented)" juga bukan mengindikasikan produk itu bebas pengharum. Tetapi istilah itu bisa dipakai untuk menunjukkan produk menggunakan zat parfum untuk menutupi aroma lain yang lebih kuat.

"Sayangnya, tidak ada istilah label yang menjamin sebuah produk cocok untuk kulit sensitif," katanya.

Efek samping penggunaan produk juga tidak dapat dilihat segera. Sebagian orang baru mengalami alergi setelah pemakaian beberapa bulan atau tahun. Jadi, berhati-hatilah memilih produk kecantikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber HEALTHDAY
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com