Satelit Telkom 3S Sukses Mengangkasa, Tugas Arianespace Rampung - Kompas.com

Satelit Telkom 3S Sukses Mengangkasa, Tugas Arianespace Rampung

Didit Putra Erlangga Rahardjo
Kompas.com - 15/02/2017, 20:21 WIB
AFP/JODY AMIET Satelit Telkom 3S milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, meluncur dari Guiana Space Center, Kourou, Guyana, Perancis, Rabu (15/2/2017) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Peluncuran roket Ariane V yang membawa serta satelit Telkom 3S berlangsung dengan sukses pada hari Selasa (14/2/2017) waktu setempat. Proses tersebut melibatkan tiga pihak yakni Arianespace, Thales Alenia Space, dan Telkom Indonesia.

Roket peluncur dengan misi VA235 diterbangkan dari Bandar Antariksa Guyana pada pukul 18.39 hari Selasa atau sekitar pukul 4.39 WIB dini hari Rabu di Indonesia. Tahap lepas landas, pemisahan dengan booster, pemisahan roket pendorong utama, hingga pelepasan penutup satelit berjalan sesuai dengan rencana.

Satelit Telkom 3S mendapat giliran kedua untuk dilepaskan dari roket pendorong setelah mencapai ketinggian 3.719 kilometer. Sebelumnya ada satelit SKYB-1 milik SKY Brazil yang bobotnya hampir dua kali lipat memisahkan diri.

Vice President Arianespace di Guyana-Perancis Bruno Gerard yang ditemui sehari sebelumnya mengatakan bahwa peran Arianespace sebagai perusahaan yang menyediakan jasa peluncuran sudah selesai. Arianespace bertugas mengintegrasikan satelit dari pembuatnya, dalam hal ini Thales Alenia Space, ke roket peluncur yang mereka bangun sendiri lalu memastikan agar bisa mengangkasa.

Begitu satelit Telkom 3S yang paling akhir tahapannya berpisah dengan roket pendorong untuk memulai lintasan elips demi mencapai orbit tujuan, Arianespace selesai tugasnya.

Kepala Proyek Satelit PT Telkom Indonesia Tonda Priyanto yang juga ditemui sebelumnya menerangkan bahwa tugas untuk memastikan satelit mencapai orbitnya di 118 derajat bujur timur ada pada Thales Alenia Space. Dengan kontrol dari stasiun bumi, mereka memastikan pendorong yang berbahan bakar hidrazin bisa meletakkan posisi satelit Telkom 3S ke jalur edarnya.

Proses tersebut diperkirakan rampung di bulan April. Begitu satelit sudah tiba di 118 derajat bujur timur dan seluruh peralatan dipastikan berfungsi, kendali sepenuhnya diserahkan ke Telkom.

Abdus Somad Arief , Direktur Network, IT and Solutions Telkom, menjelaskan Telkom 3S akan menggantikan tugas satelit Telkom 2 yang beredar di jalur yang sama.

PenulisDidit Putra Erlangga Rahardjo
EditorYunanto Wiji Utomo
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM