Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2017, 09:41 WIB

KOMPAS.com - Pengalaman nyeri menstruasi berbeda-beda pada tiap wanita. Ada yang nyerinya ringan, bahkan tidak terasa sakit sama sekali, namun banyak juga yang menderita setiap haid tiba.

Menstruasi merupakan luruhnya endometrium, lapisan dinding rahim. Setiap bulan, rahim dipersiapkan untuk kehamilan dengan menebalnya dinding rahim yang penuh suplai darah bagi pertumbuhan janin.

Bila kehamilan tidak terjadi, tubuh akan mengalami menstruasi. Pada saat itu pembuluh darah terbuka, dan lapisan rahim luruh. Otot-otot rahim akan berkontraksi untuk mengeluarkan darah dan jaringan.

Ketika terjadi kontraksi ringan, biasanya seorang wanita akan mengelami sensasi kram perut bagian bawah karena darah akan dikeluarkan melalui rahim dan serviks sebelum melewati vagina.

Kontraksi tersebut dipicu oleh hormon prostaglandin. Kadar hormon ini yang tinggi akan membuat nyeri kram semakin terasa.

Kram perut biasanya lebih kuat pada hari pertama dan kedua masa haid, lalu semakin hari semakin berkurang sampai hari kelima.

Nyeri haid atau dysmenorrhea dibagi menjadi dua jenis, yakni primer dan sekunder. Pada jenis dysmenorrohea primer disebabkan oleh flutuasi hormonal dan seiring usia akan semakin membaik. Obat-obatan pereda nyeri golongan parasetamol atau ibuprofen biasanya efektif mengatasi nyeri tersebut.

Dysmenorrhea sekunder merupakan nyeri haid yang disebabkan oleh kelainan pada sistem reproduksi. Bukannya membaik, seiring bertambah usia skala nyerinya semakin memburuk. Penyebab tersering adalah karena endometriosis.

Endometriosis adalah pertumbuhan jaringan yang mirip dengan dinding rahim (endometrium) di luar rahim. Pertumbuhannya bisa terjadi di rahim, perut, atau area di luar rahim, misalnya paru.

Nyeri karena endometriosis biasanya sudah dirasakan beberapa hari sebelum haid dan berlangsung lebih lama dari periode haid. Rasa sakitnya terkadang tak tertahankan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lebih dari sekedar rasa sakit, kondisi ini juga dapat menyebabkan ketidaksuburan.

Banyak wanita yang tak menyadari dirinya memiliki endometriosis, atau menganggap rasa sakit saat haid adalah hal yang normal.

Terapi untuk mengatasi nyeri tersebut biasanya adalah pemberian obat kontrasepsi hormonal. Pada sebagian orang obat tersebut efektif mengurangi nyeri haid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com