Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi dengan 4 Kaki dan 2 Penis di India Akhirnya Dioperasi

Kompas.com - 11/02/2017, 14:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Seorang bayi laki-laki asal Katnataka, India yang memiliki empat kaki dan dua penis akhirnya menjalani operasi. Bayi yang belum diberi nama itu kini memiliki dua kaki seperti bayi normal lainnya.

Awalnya, kedua orangtua bayi itu, Lalitamma (23) dan Chennabasava (26) menolak prosedur operasi. Mereka mengaku khawatir dengan tagihan biaya operasi yang sangat besar.

Namun, akhirnya Lalitamma dan Chennabasava berubah pikiran. Mereka membawa bayinya ke wilayah Bellari sejauh 94 mil dari tempat tinggalnya.

Lalitamma mengatakan, bayinya adalah hadiah dari Tuhan meskipun lahir dalam kondisi berbeda dengan bayi-bayi pada umumnya. Ia juga memiliki anak berusia 3 tahun yang lahir normal.

Dalam dunia medis, kondisi bayi laki-laki itu disebut polymelia, yaitu lahir dengan anggota tubuh ektra. Kondisi ini sangat langka. Pada kasus ini, tumbuh dua kaki dari perut sang bayi dengan posisi terbalik. Bayi itu pun seperti memiliki bokong di atas perutnya.

Bayi yang lahir pada 21 Januari 2017 itu kemudian dirujuk ke Vijayanagara Institute of Medical Sciences (VIMS). Di sana ia menjalani perawatan secara khusus untuk menjalani operasi.

 "Tim ahli bedah telah melihat kondisi bayi dan ini adalah kasus yang sangat menantang bagi kami, " kata Dr Divakar Gaddi.

Operasi berhasil dilakukan untuk menghilangkan organ tubuh yang berlebihan. Kini ini bayi itu memiliki dua kaki. Setelah mendapat perawatan lanjutan di VIMS, Lalitamma berharap putranya bisa menjadi normal seperti anak lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com