Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Kesayangan Ternyata Ikut Memperparah Derita PMS

Kompas.com - 26/01/2017, 15:48 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber SHAPE

KOMPAS.com - Riset baru menemukan bahwa kucing kesayangan mungkin bertanggung jawab akan derita "penyakit bulanan" seorang wanita. Kuman yang ditemukan dalam kotoran kucing berhubungan dengan sindroma pra menstruasi dan yang lebih parah lagi, pre-menstrual dysphoric disorder (PMDD).

Studi tersebut diterbitkan di Journal of Clinical Medicine Research dan meneliti 151 wanita yang melaporkan sindroma pra menstruasi berat atau PMDD. Peneliti menguji mereka untuk mencari Toxoplasma gondii (T.gondii), parasit yang hidup dalam kotoran kucing.

Sebanyak 10 wanita terbukti positif memiliki kuman tersebut. Sepuluh wanita tersebut kemudian menilai sindroma pra haid yang dibandingkan wanita tanpa toksoplasmosis.

Hasilnya, terbukti hubungan jelas antara memiliki parasit itu dengan sindroma pra haid parah, khususnya perasaan tak terkontrol atau kewalahan.

Mengenai kuman T. gondii, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Pertama, kuman ini sangat lazim. Sebagian besar orang tidak menunjukkan gejala kendati tubuhnya terkena kuman tersebut, umumnya mereka merasa mengalami kasus flu ringan.

Dalam kejadian langka, kuman tersebut menyebabkan infeksi parah dan merusak otak, mata dan organ-organ lain. Kuman itu sangat berbahaya bagi wanita hamil karena dapat menginfeksi janin.

Kuman T. gondii terdengar bahaya tetapi efeknya terhadap sebagian besar manusia masih diperdebatkan. Efeknya mungkin ringan dan berangsur-angsur dengan riset-riset sebelumnya menghubungkannya dengan penyakit mental seperti skizofrenia, depresi, kelainan bipolar. Tetapi masih sulit dikatakan hal itu merupakan hubungan sebab dan akibat atau hanya berkorelasi.

Lebih banyak riset lagi dibutuhkan untuk menemukan kaitannya dengan sindroma pra haid. Kendati demikian, ada hal yang dapat dilakukan wanita untuk melindungi diri sendiri. Parasit itu dapat menular ketika kita membersihkan kotak tempat buang air si kucing.

CDC merekomendasikan menaruh kotak itu jauh dari ruang duduk atau ruang keluarga. Gunakan sarung tangan ketika membersihkannya dan hindari menyentuh kotoran ini ketika sedang hamil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SHAPE
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com