Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2017, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Semua orang pernah merasakan jantung berdebar cepat sesekali. Atau pusing karena tiba-tiba berdiri dari posisi duduk. Itu semua normal.

Tapi jika hal ini sering terjadi, itu tidak bisa lagi disebut normal. Mungkin, ini adalah gejala gangguan kesehatan yang disebut postural orthostatic tachycardia syndrome (POTS). Anehnya, pengobatan untuk POTS pasti ada di dapur Anda, namanya: Garam.

Gejala POTS sering disalahartikan dengan gangguan jantung atau masalah pencernaan, tapi sebenarnya POTS adalah gangguan sistem saraf otonom.

Gejala utama POTS adalah takikardia, atau detak jantung yang cepat ketika berdiri, jelas Jeffrey Mossler, M.D., seorang ahli jantung di Indiana University. Ketika kambuh, detak jantung Anda akan meningkat minimal 30 kali lipat permenit atau naik di atas 100 bpm ketika Anda berpindah dari berbaring ke posisi berdiri.

Dalam kehidupan sehari-hari, POTS bisa membuat frustasi. Hal-hal yang dulu mudah, seperti membawa keranjang cucian, sekarang seperti sedang dipaksa melakukan latihan intensitas tinggi seperti spinning class.

Tekanan darah rendah sering menyertai kondisi POTS. Anda mungkin merasakan pandangan menggelap arau bahkan pingsan setelah berdiri dengan cepat dan tiba-tiba.

Tapi gejala-gejala ini akan hilang setelah Anda berbaring kembali. Pada dasarnya, POTS adalah seperti tubuh lupa bagaimana menangani gravitasi.

Karena gejalanya sangat bervariasi, banyak wanita 'terpaksa' menderita POTS selama bertahun-tahun, karena mereka salah didiagnosa.

"Sampai hari ini, masih ada penderita POTS yang diberitahu bahwa itu hanya masalah psikologis," kata Mossler. "Tapi POTS bukan masalah psikologis, melainkan fisiologis."

Dia juga menjelaskan bahwa wanita muda sangat berisiko mendapat POTS, karena mereka sering mengalami tekanan darah rendah dan fluktuasi hormon. Pemicu lainnya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus atau stres yang tinggi.

Mossler mengatakan, ada pengobatan sederhana untuk gangguan POTS, yaitu pola makan tinggi garam.

"Peningkatan asupan garam dan asupan cairan dapat membantu meningkatkan volume darah dan mengurangi gejala," kata Mossler.

Beta blockers, jenis obat jantung, juga digunakan untuk mengobati POTS dan selama ini hasilnya sukses besar.

Namun, untuk orang dengan tekanan darah tinggi atau kondisi jantung lainnya, makan terlalu banyak garam bisa membuat kondisi bertambah buruk, menurut American Heart Association. Terlebih lagi, jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, kelebihan natrium dapat menggagalkan rencana diet Anda.

Konsultasikan dengan dokter ahli jantung jika Anda curiga Anda menderita POTS, terutama jika Anda memiliki kondisi khusus seperti memiliki tekanan darah tinggi dan gangguan jantung lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shape

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com