Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bergejala, Banyak Orang Tak Sadar Punya Tekanan Darah Tinggi

Kompas.com - 14/01/2017, 15:18 WIB

KOMPAS.com - Walau sebenarnya berbahaya, namun banyak orang tak menyadari dirinya memiliki tekanan darah tinggi. Penyebabnya adalah hipertensi sering tak menimbulkan gejala yang mengganggu.

Tekanan darah yang normal tidak lebih dari 140/90 mmHG. Tekanan darah tinggi akan menyebabkan tekanan ekstra pada jantung dan pembuluh darah. Kondisi itu dalam jangka lama meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Bahaya dari hipertensi juga tidak banyak dipahami. Bahkan di negara maju yang tingkat pendidikan penduduknya sudah tinggi pun kondisinya tak jauh berbeda. Hal itu dibuktikan dalam penelitian terhadap 1.100 orang di Kanada.

Hasil penelitian mengungkap, 50 persen partisipan tidak sadar menderita hipertensi. Padahal, sekitar 2 persen orang yang diperiksa memiliki kondisi tekanan darah jauh di atas normal.

Fakta lainnya, meski sudah mengetahui tekanan darahnya tinggi namun banyak orang yang tidak melakukan pengobatan atau perubahan pola hidup karena tidak sadar bahaya di balik hipertensi.

Di Indonesia, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, pasien hipertensi mencapai 25,8 persen. Namun, sebanyak 60 persen pasien tidak sadar menderita hipertensi dan lebih dari 80 persen tidak rutin mengontrol tekanan darah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WebMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com