Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Bumi dan Bulan Dilihat dari Mars, Bukti Bumi Bulat

Kompas.com - 09/01/2017, 19:08 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto mengagumkan bulan dan bumi dalam satu frame dilihat dari Mars.

Citra bumi dan bulan ini diambil dengan kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRiSE) pada wahana Mars Reconnaissance Orbiter (Semoga tak ada yang menganggap wahana ini hoax).

HiRISE mengambil foto bumi dan bulan dengan gelombang inframerah, merah, dan biru-hijau. Wilayah kemerahan pada bagian atas bumi adalah Asia Tenggara. Sementara, wilayah Antartika tampak terang di bagian bawah kiri.

Foto mengagumkan itu, seperti diterangkan si situs web NASA pada Jumat (6/1/2017) lalu diperoleh dari gambar hasil dua kali jepretan pada 20 November 2016 lalu.

Foto diolah sehingga bulan tampak lebih cerlang secara relatif terhadap bumi. Aslinya, bulan tampak lebih gelap.

Dalam foto, bumi dan bulan terlihat berdekatan meski sebenarnya berjarak 384.000 kilometer. Jarak yang terkesan dekat disebabkan oleh posisi bulan yang kebetulan sedang berada di belakang bumi dari sudut pandang Mars.

Belakangan, pandangan bahwa bumi datar marak. Foto bumi dan bulan ini sekaligus memberi gambaran bahwa bumi, bulan, dan sejumlah obyek lain di tata surya berbentuk bulat atau mendekati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com