Selasa, 28 Maret 2017

Sains

Foto Bumi dan Bulan Dilihat dari Mars, Bukti Bumi Bulat

Senin, 9 Januari 2017 | 19:08 WIB
NASA Bumi dan Bulan dilihat dari Mars. hasil foto kamera HiRISE, wahana Mars Reconaissance Orbitter.

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto mengagumkan bulan dan bumi dalam satu frame dilihat dari Mars.

Citra bumi dan bulan ini diambil dengan kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRiSE) pada wahana Mars Reconnaissance Orbiter (Semoga tak ada yang menganggap wahana ini hoax).

HiRISE mengambil foto bumi dan bulan dengan gelombang inframerah, merah, dan biru-hijau. Wilayah kemerahan pada bagian atas bumi adalah Asia Tenggara. Sementara, wilayah Antartika tampak terang di bagian bawah kiri.

Foto mengagumkan itu, seperti diterangkan si situs web NASA pada Jumat (6/1/2017) lalu diperoleh dari gambar hasil dua kali jepretan pada 20 November 2016 lalu.

Foto diolah sehingga bulan tampak lebih cerlang secara relatif terhadap bumi. Aslinya, bulan tampak lebih gelap.

Dalam foto, bumi dan bulan terlihat berdekatan meski sebenarnya berjarak 384.000 kilometer. Jarak yang terkesan dekat disebabkan oleh posisi bulan yang kebetulan sedang berada di belakang bumi dari sudut pandang Mars.

Belakangan, pandangan bahwa bumi datar marak. Foto bumi dan bulan ini sekaligus memberi gambaran bahwa bumi, bulan, dan sejumlah obyek lain di tata surya berbentuk bulat atau mendekati.

Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Editor : Yunanto Wiji Utomo
TAG: