Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Langkah Pertahankan Resolusi Diet pada Tahun Baru

Kompas.com - 09/01/2017, 17:07 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber SELF

KOMPAS.com - Tahun baru, banyak orang memiliki resolusi menurunkan berat badan. Penurunan berat badan membutuhkan perubahan gaya hidup. Hal ini membutuhkan kerja, kemampuan beradaptasi, dan banyak kesabaran.

Pendekatan holistik diperlukan untuk sukses menurunkan berat badan. Ini termasuk menetapkan tujuan yang bijaksana, melihat tingkat aktivitas fisik Anda, mengadopsi kebiasaan makan yang sehat, tidur cukup, mengelola stres, dan mengetahui faktor-faktor penghambat di luar kendali Anda, seperti masalah kesehatan atau hormon.

Langkah pertama untuk membuat resolusi Anda lebih mudah tercapai adalah dengan merawat tubuh dengan penuh kasih.

Langkah selanjutnya? Menyusun rencana yang akan membuat proses menurunkan berat badan berkelanjutan dalam jangka panjang. Tujuh tips berikut akan membantu Anda melakukan hal itu.

1. Jadilah realistis

Penurunan berat badan yang efektif memerlukan kejujuran pribadi. "Pastikan setiap perubahan yang akan Anda buat, adalah realistis untuk Anda dan gaya hidup Anda," pesan Maxine Yeung, M.S., R.D., C.D.N., NASM-CPT dan pendiri The Wellness Whisk.

Misalnya, Anda benci harus menghabiskan waktu di kompor, adalah tidak realistis jika Anda memaksa diri masak makanan sehat setiap pagi dan malam hari.

Mungkin, Anda bisa memasak dua hari setiap minggu dan selebihnya, Anda memesan makanan sehat di restoran atau kedai makan langganan Anda.

Penting juga untuk jujur tentang preferensi makanan Anda. "Jika Anda benar-benar tidak suka makanan sehat yang disebut seperti quinoa, jangan memaksa diri untuk memakannya," kata Yeung.

Sebaiknya, susunlah menu makanan sehat yang Anda suka atau Anda dapat menelannya tanpa terpaksa.

2. Mengidentifikasi motivasi Anda

Tanyakan dengan jelas tentang mengapa Anda ingin menurunkan berat badan. "Saya biasa mendorong pasien saya unruk berpikir mendalam mengenai menapa mereka menganggap sehat itu penting, mengapa mereka ingin mencapai berat tertentu," kata Shirley Mast, R.N., B.S.N., seorang ahli diet dan konsultan kesehatan.

Mast merekomendasikan bertanya ke diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut: "Mengapa Anda ingin menjadi sehat? ? Mengapa itu penting bagi Anda? Bagaimana perasaan Anda jika Anda mencapai tujuan tersebut? Bagaimana dampaknya bagi orang-orang yang Anda cintai? Ketika Anda merasa bosan atau lelah, motivasi yang jelas akan menjadi penyemangat Anda kembali.

3. Pilih pendekatan diet yang bekerja untuk Anda

Terlepas dari semua tren diet di sekitar Anda, ada "satu cara terbaik" untuk menurunkan berat badan, kata Yeung. Kuncinya adalah memilih pendekatan diet yang cocok dan mudah ke dalam gaya hidup Anda.

Halaman:
Sumber SELF
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com